Ahli Kembangkan Sel-Sel Saraf Buatan untuk Obati Penyakit

Kamis, 05 Desember 2019 - 10:02 WIB
Ahli Kembangkan Sel-Sel Saraf Buatan untuk Obati Penyakit
COVENTRY - Para ilmuwan telah mengembangkan sel-sel saraf (neuron) buatan, hal ini tentunya membuka jalan bagi para ilmuwan untuk memperbaiki tubuh manusia.

Berukuran mungil, neuron buatan ini berperilaku sebagaimana aslinya dan suatu hari bisa digunakan untuk mengobati penyakit seperti Alzheimer. Neuron buatan ini bekerja dengan membawa sinyal dari dan ke otak juga seluruh tubuh. Dilansir dari laman BBC News, Rabu (04/12/2019).

Sebuah tim dari University of Bath menggunakan kombinasi matematika, perhitungan, dan desain chip untuk menghasilkan cara mereplikasi dalam rangkaian apa yang dilakukan sel-sel saraf secara alami.

Para ilmuwan tertarik untuk mereplikasi mereka, karena potensi yang ditawarkan dalam mengobati penyakit seperti Alzheimer, di mana neuron merosot atau mati. Prof Alain Nogaret, dari Departemen Fisika Universitas Bath, mengatakan kebaruan penelitian mereka adalah mentransfer sifat listrik sel-sel otak ke sirkuit sintetis yang terbuat dari silikon.

"Pekerjaan kami adalah mengubah paradigma karena menyediakan metode yang kuat untuk mereproduksi sifat listrik dari neuron nyata secara mendetail" tuturnya.

Para peneliti ini mereplikasi dua jenis neuron, termasuk sel-sel dari hippocampus, area otak yang memainkan peran utama dalam memori, dan sel-sel otak yang terlibat dalam kontrol pernapasan. Pekerjaan ini membuka berbagai kemungkinan dalam memperbaiki neuron yang telah hilang karena penyakit degeneratif, termasuk implan medis untuk mengobati kondisi seperti gagal jantung dan Alzheimer.

"Mereplikasi respons neuron pernapasan dalam bioelektronika yang dapat miniatur dan ditanamkan sangat menarik," kata rekan peneliti, Prof Julian Paton, seorang ahli fisiologi di Universitas Auckland di Selandia Baru dan Universitas Bristol.

Membuat neuron buatan yang merespons sinyal listrik dari sistem saraf telah lama menjadi tujuan dalam kedokteran. Tantangannya termasuk merancang sirkuit dan menemukan parameter yang membuat sirkuit berperilaku seperti neuron nyata. (AUZA ASYANI)