Elon Musk Prediksi Drone akan Gantikan Jet Tempur saat Perang

Selasa, 03 Maret 2020 - 06:02 WIB
Elon Musk Prediksi Drone akan Gantikan Jet Tempur saat Perang
Elon Musk Prediksi Drone akan Gantikan Jet Tempur saat Perang
A A A
MENLO PARK - Pesawat jet tempur merupakan alutsista yang masih digunakan oleh banyak negara. Kendaraan ini biasanya dipakai untuk menyerang maupun mengintai teritori musuh, serta mempertahankan kedaulatan.

Namun, menurut pendiri Tesla dan SpaceX, Elon Musk, era pesawat jet tempur sudah berakhir. Pasalnya, di masa depan, perang tidak lagi mengandalkan jet yang berawakan pilot.

Memang indikasi serupa sudah terlihat. Banyak negara yang berlomba-lomba menciptakan alat tempur nirawak, seperti drone. Penggunaannya lebih efektif, tanpa perlu bermain dadu dalam mengorbankan nyawa sang pilot.

“Era jet tempur sudah berlalu,” kata Musk, dalam sebuah imporsium bersama Angkatan Udara Amerika Serikat.

Kendati demikian, Musk mengaku tidak menyukai peperangan yang terjadi di Bumi. Namun, tidak bisa dipungkiri, perkiraannya itu bisa menjadi sangat nyara.

“Perang bukanlah masa depan yang saya inginkan. Namun, itulah yang akan terjadi,” imbuhnya, dikutip dari CNBC, Senin (2/3/2020).

Bahkan, dia menilai, jet tempur mutakhir milik Amerika Serikat, F-35, juga memiliki kekurangan. Jika diadu dengan drone, ia yakin bahwa F-35 akan tumbang.
(wbs)
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 1.0675 seconds (0.1#10.140)