Ilmuwan Berhasil Menerjemahkan Bahasa yang Hilang Ribuan Tahun Milik Leluhur Orang Palestina

Jum'at, 17 Februari 2023 - 09:25 WIB
Peneliti Manfred Krebernik dan Andrew R. George mengatakan kepada Live Science bahwa pengetahuan yang ada tentang bahasa Amori sangat sedikit dan “sangat menyedihkan”. “Bahkan, beberapa ahli sampai meragukan apakah bahasa Amori benar-benar ada,” ujar Manfred Krebernik.



Manfred Krebernik menyebut bahwa mereka mempelajari tablet-tablet ini untuk menunjukkan bahwa Amori benar-benar ada. Juga, membuktikan bahwa bahasa yang diartikulasikan secara koheren dapat diprediksi, serta menjadi bahasa tersendiri.

Berkat studi menyeluruh tentang tata bahasa teks, pasangan ilmuwan itu dapat mengetahui bahwa bahasa Amori berasal dari Semit Barat, masih terhubung dengan bahasa Ibrani dan Aram.



Menurut profesor Yoram Cohen dari Universitas Tel Aviv, tablet tanah liat itu bisa saja ditulis sebagai “buku panduan wisata” bagi orang Akkadia yang baru belajar bahasa Amori.

Satu bongkahan tablet berisi daftar dewa, sementara bagian lain mencakup frasa apa yang digunakan untuk menyambut orang. Profesor Cohen memberi tahu Live Science bahwa salah satu bagiannya bahkan mungkin berisilagucinta.
(dan)
Halaman :
tulis komentar anda
Follow
Video Rekomendasi
Berita Terkait
Rekomendasi
Terpopuler
Berita Terkini More