5 Spesies Hewan yang Baru Ditemukan di 2023, No 2 Dinamai dari Pencipta The Lord of The Rings

Senin, 06 Maret 2023 - 08:08 WIB
Spesies hewan baru ditemukan di berbagai negara di dunia, mulai katak, hingga ular. Foto: Getty Images
JAKARTA - Setiap tahunnya para ilmuwan selalu menemukan beragam spesies hewan baru . Terkadang, spesies dikategorikan baru karena dua sebab. Pertama, memang baru ditemukan dan belum pernah dipelajari oleh para ilmuwan sebelumnya. Dan kedua, kasus spesies dan subspesiesnya diperiksa lebih dekat untuk kemudian disepakati bahwa mereka harus menjadi spesies yang terpisah.

Para ahli paleontologi juga mendeskripsikan spesies baru yang telah mereka pelajari dari tulang, fosil, ambar, dan bahkan kotoran. Terkadang spesies diberi nama sesuai karakteristiknya atau wilayah tempat mereka ditemukan.

Namun, kadang-kadang para ilmuwan lebih suka bersenang-senang dan spesies dinamai menurut nama selebritas, termasuk lebih dari 40 spesies yang dinamai Sir David Attenborough. Nah, berikut 5 spesies hewan yang baru ditemukan di 2023:

1. Sibon irmelindicaprioae

Sibon irmelindicaprioae dijuluki ular pemakan siput DiCaprio, ditemukan di Panama, dan Kolombia. Sibon irmelindicaprioae adalah satu dari lima ular pemakan siput baru yang dideskripsikan para ilmuwan. Penemunya, menyarankan untuk mengklasifikasikan spesies itu sebagai Hampir Terancam. Sebab, tempat tinggalnya di hutan yang masih alami dan luas.



Meski beberapa habitatnya telah diubah jadi padang rumput, spesies ini mungkin tidak punah cukup cepat untuk memenuhi syarat kategori terancam.

Spesies yang baru dideskripsikan itu diketahui dari 16 daerah di Panama dan Kolombia. Salah satunya adalah populasi terisolasi di pegunungan Cordillera Oriental Kolombia. Julukan khusus “irmelindicaprioae” menghormati Irmelin DiCaprio, ibu dari aktor dan ahli konservasi Leonardo DiCaprio yang memilih nama tersebut.

2. Hyloscirtus tolkieni

Hyloscirtus tolkieni dinamai untuk menghormati J.R.R.Tolkien, penulis saga The Lord of The Rings. Katak pohon arus (Hyloscirtus tolkieni) mendeskripsikannya sebagai spesies baru karena morfologinya cukup berbeda dari spesies lain dalam genus Hyloscirtus.
Halaman :
tulis komentar anda
Video Rekomendasi
Berita Terkait
Rekomendasi
Terpopuler
Berita Terkini More