Spesifikasi Pesawat Tempur Su-30MKI, Padukan Teknologi Canggih Rusia dan India

Rabu, 26 April 2023 - 12:26 WIB
Pesawat tempur Sukhoi Su-30MKI Angkatan Udara India (IAF) dibangun berdasarkan bentuk dasar pesawat tempur Su-30 Rusia. Foto/airforce-technology
NEW DELHI - Pesawat tempur Sukhoi Su-30MKI Angkatan Udara India (IAF) dibangun berdasarkan bentuk dasar pesawat tempur Su-30 Rusia. Pesawat tempur multiperan ini dikembangkan bersama oleh Biro Desain Sukhoi Rusia dan Hindustan Aeronautics Limited (HAL) India dengan memadukan berbagai teknologi canggih kedua negara.

Pesawat tempur Su-30MKI didukung oleh dua mesin turbojet Al-31FP sehingga mampu melesat dengan kecepatan maksimum Mach 1,9 dalam penerbangan horizontal dan tingkat pendakian 300 meter per detik. Pesawat ini memiliki jangkauan penerbangan tanpa bahan bakar maksimum 3.000 km.

Pesawat tempur Sukhoi Su-30MKI menggabungkan badan pesawat aerodinamis terbuat dari titanium dan paduan aluminium intensitas tinggi. Stabilizer kembar dan konsol ekor horizontal digabungkan ke balok ekor, dilengkapi dengan kontrol thrust vectoring dan canard.



Kepala badan pesawat semi-monocoque mencakup kokpit, bagian radar, dan teluk avionik. Bagian antara nacelles mesin menampung ruang peralatan, penyimpanan bahan bakar, dan mekanisme parasut rem.



Dikutip dari laman airforce-technology, Rabu (26/4/2023), pesawat tempur Sukhoi Su-30MKI memiliki panjang 21,9 meter, lebar sayap 14,7 meter dan tinggi 6,4 meter. Pesawat berkursi ganda ini memiliki berat lepas landas maksimum adalah 38.800 kg.

Kokpit depan dilengkapi dengan suite avionik terintegrasi yang menggabungkan head-up display (HUD) Elbit Su 967, tujuh layar kristal cair matriks aktif (AMLCD) dan instrumentasi kokpit utama dari Thales. Pesawat tempur Su-30MKI juga dilengkapi layar multifungsi (MFD) yang disediakan oleh Samtel Display Systems.



Pesawat tempur Su-30MKI mengintegrasikan sistem kontrol penerbangan fly-by-wire (FBW). Layar tampilan monokromatik besar yang dipasang di kokpit belakang memberikan panduan rudal udara-ke-darat.
Halaman :
tulis komentar anda
Video Rekomendasi
Berita Terkait
Rekomendasi
Terpopuler
Berita Terkini More