NOAA Klaim Suar Matahari Meledak Kuat dan Menghantam Bumi

Senin, 06 Mei 2024 - 19:12 WIB
loading...
NOAA Klaim Suar Matahari Meledak Kuat dan Menghantam Bumi
NOAA Klaim Suar Matahari Meledak Kuat . FOTO/ IFL SCIENCE
A A A
BERLIN - Beberapa suar matahari terkuat yang pernah tercatat telah meletus dari Matahari kita dalam beberapa hari terakhir, dan semuanya diarahkan tepat ke Bumi.


Ledakan ini, yang diklasifikasikan sebagai X1.3 dan X1.2, terjadi dari wilayah aktif matahari yang dikenal sebagai AR 3663 pada tanggal 5 Mei 2024, masing-masing pada pukul 06:01 dan 11:54 UTC, menurut Pusat Prediksi Cuaca Luar Angkasa NOAA.

Setiap suar menyebabkan pemadaman gelombang radio di Bumi, dan ada kemungkinan efek yang berkelanjutan jika suar tersebut disertai dengan lontaran massa korona (CME) yang mengeluarkan partikel bermuatan ke arah planet kita.

CME yang kuat dapat menyebabkan berbagai gangguan pada infrastruktur di Bumi, termasuk pemadaman listrik, gangguan pada sistem navigasi, dan bahkan kerusakan satelit.

Seperti dilansir dari Science Alert, Senin (6/5/2024(, saat ini, belum ada laporan CME yang terkait dengan suar baru-baru ini, tetapi para ahli masih memantau situasi dengan cermat.

Penting untuk dicatat bahwa meskipun suar matahari ini kuat, mereka tidak menimbulkan bahaya langsung bagi manusia di Bumi.

Atmosfer kita melindungi kita dari radiasi berbahaya yang dipancarkan oleh suar. Namun, peristiwa ini dapat berdampak signifikan pada teknologi kita, dan penting untuk menyadari potensi gangguan yang dapat ditimbulkannya.
(wbs)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1898 seconds (0.1#10.140)