Daftar Keajaiban Dunia yang Penuh Misteri Tak Terpecahkan

Senin, 07 Agustus 2023 - 13:06 WIB
Nama kota pelabuhan di tepian Laut Mediterania, Mesir ini berfungsi sebagai pusat perdagangan utama sebelum berdirinya Alexandria sekira 331 SM. Tokoh mitos Heracles dan Helen dari Troy diduga penah tinggal di kota Thonis-Heracleion. Sekitar abad kedua, pusat kota diperkirakan runtuh karena gempa bumi, tsunami, atau banjir. Akhirnya, seluruh penghuni Thonis-Heracleion tenggelam di bawah air.

Pada awal 2000an, arkeolog kelautan menemukan patung-patung besar, sarkofagus hewan, reruntuhan kuil, pecahan tembikar, perhiasan, koin, dan bahkan keranjang buah berusia 2.400 tahun tersapu ombak hingga ke tepian. Walhasil, muncul dugaan kisah kota yang hilang Atlantis ada di kehidupan nyata melalui temuan tadi.

2. Dataran Guci (Plain of Jars)



Ribuan guci batu yang tertutup lumut dari Zaman Megalithikum berjejer menghiasi lanskap pegunungan Laos utara. Tempat ini popular sebagai Dataran Guci karena ada lebih dari 2.000 guci kuno raksasa tersebar di sana.

Para arkeolog memperkirakan fungsi guci sebagai penyimpanan mayat, namun tidak ada yang tahu siapa pembuatnya, atau fungsi sebenarnya. Legenda lainnya menceritakan guci-guci tadi sebagai tempat penyimpanan anggur.

Jejeran guci rata-rata tingginya mencapai hingga 10 kaki, dengan berat mencapai hingga 14 ton. Sebagian besar guci raksasa ini terbuat dari batu pasir, sementara yang lainnya dari granit atau karang. Penelitian terbaru memperkirakan beberapa guci batu dibuat pada era 1240 SM.

3. Teluk Guanabara



Penjelajah kapal karam kontroversial Robert Marx mengklaim pada 1982 menemukan sejumlah vas Romawi bergagang kembar atau amphora di Teluk Guanabara, Brasil. Menurut Marx, amphora yang tertutup membuktikan bahwa orang Romawi adalah orang Eropa pertama yang mendarat di Brasil.
Halaman :
tulis komentar anda
Video Rekomendasi
Berita Terkait
Rekomendasi
Terpopuler
Berita Terkini More