Daftar Keajaiban Dunia yang Penuh Misteri Tak Terpecahkan

Senin, 07 Agustus 2023 - 13:06 WIB
Begitu pula alasan di balik pembuatannya belum terungkap. Satu teori menyatakan bahwa tulisan kuno itu berfungsi sebagai alat navigasi untuk pelaut, sedangkan yang lain mengklaim itu menggambarkan trisula dewa pencipta.

6. Sacsayhuamán



Di tempat lain di Cuzco, Peru berdiri sisa-sisa benteng Sacsayhuamán yang dibangun oleh suku Inca pada1400an. Sama seperti di Machu Picchu, para pekerja Inca entah bagaimana memindahkan batu-batu besar ke tempatnya, beberapa di antaranya seberat 125 ton atau lebih.

Pada masa itu hanya dikenal alat-alat perunggu dan batu, dan penempelan bebatuan dilakukan tanpa semen. Meskipun penjajah Spanyol membongkar sebagian besar situs untuk bahan bangunan, Sacsayhuamán secara struktural tetap cukup kuat untuk menahan gempa bumi besar dan kerusakan akibat alam lainnya.

7. Makam Cleopatra

Nama penguasa kuno fenomenal, Cleopatra VII atau ratu terakhir Mesir terkenal fenomenal. Ia banyak bergaul dengan para penguasa masa itu, seperti Julius Caesar dan Mark Antony.

Sebelum ditemukan bunuh diri pada 30 SM, Cleopatra mendengar kekalahan Antony di Pertempuran Actium. Namun, lokasi pemakaman Antony tidak teridentifikasi. Konon pasangan itu dimakamkan bersama, namun belum ada bukti konkret.

Beberapa peneliti percaya makam Cleopatra berada di Alexandria, Mediterania. Hanya saja sempat hilang ketika tsunami menyapu pada 365 Masehi. Ahli lain menduga, makam Cleopatra di delta Sungai Nil, atau mungkin di sebuah kuil yang didedikasikan untuk Isis dan Osiris, sosok yang menggambarkan Cleopatra dan Antony. Selain makam Cleopatra, situs pemakaman legendaris lainnya yang hilang termasuk milik Alexander Agung dan Jenghis Khan.

8. Manuskrip Voynich
Halaman :