Ini Alasan NASA Gunakan Plutonium untuk Tenagai Rover Mars Perseverance

Jum'at, 31 Juli 2020 - 03:01 WIB
Plutonium dimulai sebagai elemen yang sepenuhnya berbeda, neptunium, yang diiradiasi para ilmuwan dengan neutron dalam reaktor nuklir selama hampir dua bulan untuk mengubahnya menjadi bentuk plutonium yang dibutuhkan bagi MMRTG. Plutonium kemudian dikombinasikan dengan keramik, membuat senyawa yang lebih aman daripada yang digunakan dalam senjata.

Namun demikian, menempatkan sumber tenaga nuklir di ujung roket masih mendorong beberapa langkah peringatan. Yang paling penting, setiap elemen plutonium terbungkus dalam iridium, yang akan mengandung bahan radioaktif jika jatuh kembali ke Bumi.

Menurut NASA dan DOE, itu terjadi pada sumber-sumber tenaga nuklir yang terikat ruang angkasa pada tiga kesempatan, tidak ada yang menyebabkan kerusakan, dengan salah satu sumber daya bahkan diambil dari laut untuk digunakan nanti pada misi lain. (Baca juga: Tangkap Djoko Tjandra, Kabareskrim: Ini untuk Jawab Keraguan Publik )

NASA memperkuat tim pengendali misi untuk peluncuran semacam itu dengan personel tambahan guna mengoordinasikan setiap tanggapan yang diperlukan terhadap aspek misi nuklir. Untuk peluncuran Rover Mars Perseverance, pemerintah mencontoh sejumlah besar hal yang bisa salah pada hari peluncuran.
(iqb)
Halaman :
tulis komentar anda
Video Rekomendasi
Berita Terkait
Rekomendasi
Terpopuler
Berita Terkini More