5 Fakta Macan Kumbang, Kucing Besar Bermata Indah yang Terancam Punah

Rabu, 08 November 2023 - 15:16 WIB
Macan kumbang banyak ditemukan di wilayah hutan hujan tropis seperti China, India, Nepal, Burma, Malaysia dan Indonesia. (Foto: World Animal Foundation)
JAKARTA - Macan kumbang merupakan salah satu kucing besar yang masuk genus Panthera. Macan kumbang dicirikan dengan bulu gelap berwarna hitam.

Hewan ini memiliki kepala yang lebih kecil dibandingkan keseluruhan tubuhnya. Memiliki rahang yang kuat, kaki belakang yang besar dan panjang dibandingkan dengan kaki depan, serta ekor yang panjang.

Macan kumbang atau yang lebih dikenal dengan nama black panther memiliki berat 36 - 160 kilogram dengan panjang tubuh sekitar 1,1 - 1,9 meter.

Macan kumbang banyak ditemukan di wilayah hutan hujan tropis seperti China, India, Nepal, Burma, Malaysia, dan Indonesia. Selain itu, beberapa spesies macan kumbang juga ditemukan di hutan, rawa, dan padang rumput di Amerika dan Semenanjung Malaya.





Berikut fakta lain macan kumbang yang dikutip dari berbagai sumber:

1. Hewan Soliter



Macan kumbang dikenal sebagai hewan pendiam dan tertutup. Oleh sebab itu, macan kumbang lebih banyak menghabiskan waktunya sendirian. Mereka akan berdiam diri di atas pohon untuk mengawasi binatang lain yang akan menjadi mangsanya.

Macan kumbang juga terkenal sebagai pribadi yang agresif. Mereka akan menyerang siapapun yang mengganggu teritorial atau wilayahnya, bahkan sesama macan kumbang sekalipun.

2. Aktif di Malam Hari

Halaman :
tulis komentar anda
Video Rekomendasi
Berita Terkait
Rekomendasi
Terpopuler
Berita Terkini More