Mengenal Yakhchal, Kulkas Kuno di Padang Pasir

Kamis, 23 November 2023 - 18:57 WIB
Teknologi Yakhchal membuktikan orang-orang zaman kuno lebih cerdas daripada yang orang kira saat ini. (Foto: Ancient Origins)
JAKARTA - Siapa sangka ribuan tahun lalu sudah ada mesin pembuat es. Uniknya lagi, teknologi ini disematkan di perangkat yang ada di tengah padang pasir.

Mesin canggih tanpa listrik itu disebut Yakhchal yang sudah ada sejak 2.400 tahun lalu di padang pasir Persia, saat ini Iran.

Dilansir dari Ancient Origins, Kamis (23/11/2023), teknologi ini membuktikan bahwa orang-orang zaman kuno lebih cerdas daripada yang orang kira saat ini. Yakhchal, yang berarti lubang es, menunjukkan kemampuan manusia untuk menemukan solusi terhadap masalah dengan segala materi atau teknologi yang mereka miliki.

Bagaimana Yakhchal Bekerja?



Yakhchal diciptakan oleh para oleh insinyur Persia sekitar tahun 400 SM. Menariknya lagi, Yakhchal relatif mudah dibuat sehingga orang miskin bisa memilikinya. Sebagian besar yakhchal adalah struktur berbentuk kubah dengan area penyimpanan berbentuk kotak di bawah tanah.





Setelah area penyimpanan digali dan kubah didirikan, jenis mortir yang terbuat dari tanah liat, pasir, abu, rambut kambing, dan kapur yang disebut sarooj digunakan untuk membuatnya tahan air. Area pengumpulan air yang diperlukan harus cukup dalam untuk tetap dingin dan bahan dari yakhchal harus cukup sebagai bahan isolator untuk menghalangi panas.

Air dibawa ke yakhchal baik dengan langsung mengangkut es dari pegunungan terdekat atau mengalihkan air dari saluran air ke yakhchal menggunakan saluran air bawah tanah yang disebut qanat.

Di sebelah beberapa yakhchal, dinding yang berorientasi dari timur ke barat akan dibangun di sisi selatan kulkas dan air akan dibawa masuk ke yakhchal dari sisi utara dinding. Alasannya adalah untuk menjaga agar air tetap dingin saat tengah hari saat masuk ke yakhchal.
Halaman :
tulis komentar anda
Video Rekomendasi
Berita Terkait
Rekomendasi
Terpopuler
Berita Terkini More