7 Fakta Menarik Anteater, Pemakan Semut yang Tidak Punya Gigi

Sabtu, 02 Desember 2023 - 07:42 WIB
Anteater atau pemakan semut adalah hewan langka yang memiliki banyak sekali fakta menarik. Foto: ist
JAKARTA - Anteater adalah salah satu mamalia pemakan serangga yang tidak memiliki gigi. Pemilik nama ilmiah Myrmecophaga tridactyla ini banyak ditemukan di sabana tropis dan hutan Meksiko selatan hingga Paraguay dan Argentina Utara.

Anteater memiliki panjang tubuh 15 sampai 124 cm dan memiliki berat 18 sampai 63 kilogram. Anteater juga memiliki ekor yang panjang sekitar 17 sampai 88 cm.

Berikut fakta lain anteater yang dikutip dari berbagai sumber.

1. Memiliki Lidah Panjang dan Tertutup Duri

Anteater menggunakan lidahnya sebagai alat utama untuk mengeluarkan makanan. Lidahnya sendiri bisa mencapai panjang yang sama dengan tubuhnya yaitu 60 cm. Lidah anteater juga tertutupi tonjolan-tonjolan kecil berduri dan terdapat air liur yang lengket. Anteater juga memiliki bentuk lidah yang memungkinkannya untuk menelusuri ruang yang sempit seperti tempat semut dan rayap yang bersembunyi.



2. Memiliki Cakar Tajam

Anteater memiliki 4 kaki, di mana dua kaki depannya terdapat cakar. Cakar pada kaki depannya akan dilindungi dengan melengkungkan kakinya seperti kepalan tangan agar cakarnya tidak tumpul.

Cakar yang dimiliki anteater sangat berbahaya karena ketajamannya hampir sama dengan silet atau pisau. Anteater menggunakan cakarnya sebagai bentuk pertahanan terhadap serangan predator seperti puma dan jaguar. Mereka akan berdiri menggunakan kaki belakangnya dan menggunakan cakarnya untuk melukai lawannya.

3. Pemakan Semut

Anteater termasuk mamalia pemakan serangga. Anteater raksasa bisa memakan 30.000 semut dan rayap dalam sehari. Lidahnya yang panjang dan berduri memudahkan mereka untuk memasuki sarang semut dan rayap. Selain itu, anteater juga terlihat memakan buah-buahan, telur burung, cacing, lebah, dan serangga lainnya.
Halaman :
tulis komentar anda
Video Rekomendasi
Berita Terkait
Rekomendasi
Terpopuler
Berita Terkini More