7 Fakta Menarik Pygmy Marmoset, Primata Terkecil di Dunia

Jum'at, 08 Desember 2023 - 17:27 WIB
Pygmy Marmoset atau Finger Monkey merupakan primata terkecil di dunia. (Foto: Fact Animal)
JAKARTA - Pygmy Marmoset atau Finger Monkey merupakan primata terkecil di dunia dengan ukuran panjang 15 cm dan berat sekitar 100 gram. Hewan ini memiliki usia relatif panjang hingga mencapai 18 tahun.

Pygmy Marmoset hidup bersama koloninya sebanyak 2-9 individu di hutan hujan di Amerika Selatan, termasuk Brasil, Kolombia, Ekuador, Bolivia, dan Peru. Terdapat dua jenis Pygmy Marmoset, yaitu Western Pygmy Marmoset (Cebuella Pygmaea) dan Eastern Pygmy Marmoset (Cebuella Niveiventris). Sebagian besar memiliki ciri fisik bulu berwarna belang coklat dan abu-abu, dengan warna rambut surai yang oranye kecoklatan.

Hewan ini biasa mengonsumsi getah pohon dan serangga sebagai makanannya, serta biasa menjadi buruan bagi burung, kucing, ular, dan manusia. Pygmy Marmoset memiliki kemampuan adaptasi luar biasa, yang dapat memastikan keamanannya di hutan yang kurang bersahabat. Dia menghabiskan sebagian besar hidupnya di atas pepohonan atau belukar.

Selain primata terkecil di dunia, berikut 7 fakta menarik Pygmy Marmoset, dirangkum dari berbagai sumber, Jumat (8/12/2023).

1. Mampu melompat tinggi



Meskipun memiliki badan kecil, lompatan yang dapat dilakukan hewan ini cukup tinggi. Pygmy Marmoset mampu melompat hingga ketinggian 5 meter di antara dahan pohon. Mereka berjalan menggunakan keempat kakinya dan memiliki kuku tajam menyerupai cakar yang dapat digunakan untuk menempel di pohon.





2. Mampu memutar kepala 180 derajat



Kehidupannya yang sebagian besar di pepohonan membuat Pygmy Marmoset beradaptasi dan memiliki kemampuan memutarkan kepala ke arah berlawanan.

3. Menyukai getah

Halaman :
tulis komentar anda
Video Rekomendasi
Berita Terkait
Rekomendasi
Terpopuler
Berita Terkini More