11 Perilaku Aneh Hewan Liar, Ada Buaya Selamatkan Anjing

Rabu, 27 Desember 2023 - 08:37 WIB
Buaya Amerika betina (Crocodylus acutus) bertelur di taman reptil di Kosta Rika tanpa pasangan. (Foto: Live Science)
JAKARTA - Alam selalu penuh dengan kejutan. Termasuk perilaku hewan yang seringkali tidak terduga dan membuat terperangah dengan perilaku tak biasa.

Sepanjang 2023 dan tahun-tahun sebelumnya tercatat banyak peristiwa aneh terkait hewan liar. Mulai dari kanguru mencoba menenggelamkan anjing hingga buaya baik hati yang menyelamatkan anjing dari maut, alih-alih memakannya.

Dilansir dari Live Science, Rabu (27/12/2023), berikut 11 perilaku aneh hewan liar dari berbagai penjuru dunia.

1. Kanguru mencoba menenggelamkan anjing

Pada bulan Oktober 2023, seorang pria merekam video seekor kanguru mencoba menenggelamkan anjingnya. Mick Moloney harus menyelamatkan anjingnya, Hutchy, dari Sungai Murray di Victoria, Australia, setelah kanguru betina mencelupkan kepala Hutchy ke air. Moloney berhasil menyelamatkan Hutchy tetapi mendapat pukulan dari kanguru.

2. Buaya perawan melahirkan

Peneliti mengumumkan " kelahiran perawan " pertama pada buaya pada bulan Juni 2023. Seekor buaya Amerika betina (Crocodylus acutus) bertelur di taman reptil di Kosta Rika setelah sendirian selama 16 tahun. Bentuk reproduksi aseksual ini sebelumnya belum pernah didokumentasikan pada buaya, meskipun dikenal terjadi pada kadal, ular, burung, dan hiu.

Meski akhirnya telur buaya tersebut tidak menetas, namun analisis genetik dari embrio di salah satu telur menunjukkan bahwa hampir identik dengan ibunya. Para penulis studi mencatat bahwa keturunan yang lahir dengan cara ini seringkali mengalami kelainan dan tidak bertahan hidup.