Kenapa Serangga Suka Cahaya, Ternyata Ini Jawabannya

Rabu, 31 Januari 2024 - 11:10 WIB
Jawaban Serangga Suka Cahaya. FOTO/ IFL SCience
LONDON - Sebuah studi terbaru yang diterbitkan di jurnal Nature Communications mengungkap alasan di balik ketertarikan serangga terhadap cahaya buatan.

BACA JUGA - Kenalkan, Ini Bathynomus "Serangga" Raksasa dari Laut Jawa

Seperti dilansir dari Wion News, studi ini menemukan bahwa serangga menggunakan cahaya untuk bernavigasi, dan cahaya buatan dapat membingungkan mereka.

Salah satu teori yang paling populer untuk menjelaskan ketertarikan serangga terhadap cahaya buatan adalah teori fototaksis.

Teori ini menyatakan bahwa serangga memiliki sel-sel fotoreseptor di mata mereka yang sensitif terhadap cahaya. Sel-sel ini mengirim sinyal ke otak serangga, yang kemudian mengontrol arah terbangnya.



Menurut teori ini, serangga tertarik pada cahaya karena mereka menggunakan cahaya untuk bernavigasi. Pada siang hari, serangga menggunakan matahari sebagai panduan. Namun, pada malam hari, serangga menggunakan bintang atau bulan.

Cahaya buatan dapat membingungkan serangga karena intensitasnya yang tinggi dan tidak merata. Cahaya alami, seperti matahari atau bulan, memiliki intensitas yang lebih rendah dan lebih merata.

Hal ini dapat menyebabkan serangga terbang mengelilingi sumber cahaya buatan, sehingga membuat mereka keliru dalam navigasi.

Studi terbaru yang diterbitkan di jurnal Nature Communications mendukung teori fototaksis. Studi ini menemukan bahwa serangga menggunakan cahaya untuk bernavigasi, dan cahaya buatan dapat membingungkan mereka.
Halaman :
tulis komentar anda
Video Rekomendasi
Berita Terkait
Rekomendasi
Terpopuler
Berita Terkini More