Banyak Pilihan, Ini 5 Jenis Sapi Idul Adha Terbaik

Senin, 13 Mei 2024 - 20:00 WIB
loading...
Banyak Pilihan, Ini 5 Jenis Sapi Idul Adha Terbaik
Idul Adha 1445 Hijriah diperkirakan akan jatuh pada 17 Juni mendatang. (Foto: Dok SINDOnews)
A A A
JAKARTA - Idul Adha 1445 Hijriah yang diperingati pada 17 Juni mendatang mulai ditandai dengan kehadiran sejumlah penjual hewan kurban. Beberapa jenis sapi untuk Idul Adha selalu menjadi pilihan umat Muslim Indonesia.

Melansir berbagai sumber, Senin (13/5/2024) terdapat lima pilihan jenis sapi Idul Adha terbaik yang jamak ditawarkan.

Berikut jenis sapi Idul Adha terbaik yang banyak beredar di pasaran:

1. Sapi limosin


Menjadi pilihan premium sapi Idul Adha terbaik yang sejatinya jenis ini keturunan dari sapi Auroch Eropa. Varietasnya populer sejak Presiden RI Joko Widodo memesannya sebagai hewan kurban setiap menjelang Idul Adha.

Masuk kelas premium karena sapi limosin termasuk jenis sapi pedaging berdaging empuk serta rendah lemak. Dari tampilannya pun sapi ini sangat gagah karena bertanduk kuning kegelapan dengan warna bulu emas kemerahan.


2. Sapi simental


Jenis sapi Idul Adha terbaik selanjutnya adalah sapi simental . Terkenal sebagai jenis sapi dwiguna karena bisa menjadi sapi potong dan sapi perah. Dagingnya menjadi pilihan karena tidak mengandung banyak lemak.

Tampilannya cukup padat karena termasuk sapi pekerja yang memiliki warna kulit krem, merah bata, atau emas belang putih. Hampir serupa dengan sapi limosin, sapi simental termasuk sapi berbobot lahir kecil. Namun, pertambahan bobot sapi simental per hari bisa mencapai 0,9 hingga 1,2 kilogram.

3. Sapi Bali


Termasuk dalam jenis sapi dari penjinakan banteng yang diternakkan secara murni di Pulau Bali. Jenis sapi ini termasuk unggulan dalam kemampuan beranak dan komposisi tubuhnya. Selain itu, sapi jenis ini juga memiliki presentase karkas yang tinggi.

Tampilan khas sapi bali jantan, yaitu berwarnahitam. Sapi Bali berkaki pendek tetapi kuat dan cenderung mirip kerbau. Bobot sapi bali berkisar antara 300-400 kilogram dengan tinggi sekitar 130 sentimeter.


4. Sapi Bima


Menjadi pilihan utama bagi para pekurban di area Jabodetabek karena beberapa kelebihan dibandingkan dengan jenis sapi lainnya. Kualitas dagingnya super, awet berhari hari, rasanya tetap kenyal meski disimpan berhari-hari di freezer.Kualitas baik tersebut karena makanannyaberasal dari rumput segar di padang rumput alami hutan Gunung Tambora.

5. Sapi Brahman


Sapi brahman alias American Brahman awalnya dikembangkan di daerah Pesisir Gulf, Amerika Serikat medio 1854-1926. Di Indonesia, sapi brahman juga digunakan untuk program grading up sapi peranakan ongole melalui inseminasi buatan yang hasilnya disebut dengan sapi putih. Tak heran, tampilannya mirip dengan sapi ongole.

Namun, badan sapi brahman lebih bulat dan kakinya lebih pendek dibandingkan sapi ongole. Bobot sapi brahman jantan dewasa mencapai 800-1.100 kilogram dengan tinggi badan hingga 168 sentimeter. Sedangkan bobot sapi brahman betina yang sudah dewasa adalah sekitar 500-700 kilogram. Demikian 5 jenis sapi Idul Adha terbaik yang bisa menjadi pilihan berkurban tahun ini.
(msf)
Dapatkan berita terkini dan kejutan menarik dari SINDOnews.com, Klik Disini untuk mendaftarkan diri anda sekarang juga!
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1715 seconds (0.1#10.140)
pixels