Perbandingan Jet Tempur F-5 Houthi vs MiG-21 Rusia, Mana Lebih Unggul?

Senin, 05 Februari 2024 - 15:20 WIB
Perbandingan Jet Tempur F-5 Houthi vs MiG-21. FOTO/ DAILY
JAKARTA - Perbandingan jet tempur F-5 Houthi dengan MiG-21 Rusia menjadi pembahasan menarik untuk diketahui. Secara historis, keduanya bisa dibilang sebagai jet tempur veteran yang populer dan banyak diproduksi.



Baik jet tempur F-5 maupun MiG-21, keduanya telah dikembangkan sekitar 1950-an. Masing-masing di antaranya memiliki catatan riwayatnya sendiri, termasuk penggunaan dalam konflik-konflik skala besar yang pernah terjadi dalam sejarah.

Pada era modern seperti sekarang, penggunaan F-5 dan MiG-21 juga masih dijumpai. Sebagai contoh, terbaru jet tempur kuno F-5 ini telah dipakai kelompok militan Houthi yang berbasis di Yaman.

Lebih jauh, seperti apakah perbandingan antara jet tempur F-5 dengan MiG-21 ini? Simak ulasannya berikut

Perbandingan Jet Tempur F-5 Houthi MiG-21





1. Jet Tempur F-5

F-5 merupakan jet tempur ringan supersonik yang didesain oleh Northrop Corporation asal Amerika Serikat. Pengembangannya telah dimulai sejak 1950-an.

Setelah serangkaian pengembangan dan uji coba, F-5 diperkenalkan pada 1964. Waktu itu, jet tempur ini beroperasi bersama Skuadron Pelatihan Kru Tempur USAF.

Varian awal F-5 dibekali dua mesin General Electric J85. Pemilihannya didasarkan pada kinerjanya yang bagus serta didukung biaya perawatan rendah.
Halaman :
tulis komentar anda
Video Rekomendasi
Berita Terkait
Rekomendasi
Terpopuler
Berita Terkini More