Istana Bangsa Sumeria Ditemukan di Tengah Padang Pasir

Rabu, 07 Februari 2024 - 21:00 WIB

Skema Irak



Pada tahun 2015, British Museum, Getty, dan Dewan Negara untuk Benda Cagar Budaya dan Warisan di Irak mulai mendanai inisiatif kerjasama untuk menggali situs Girsu.

British Museum membuat Skema Irak, yang mencakup program ini, untuk membantu menyelamatkan tanah budaya di Irak dan Suriah yang berisiko dihancurkan.



Penemuan Terbaru di Girsu



Penggalian terbaru di situs arkeologi utama ini telah menunjukkan situs ini tidak tersentuh selama hampir satu abad hingga peneliti dari British Museum tiba.

Karena lebih dari 100.000 tablet kuneiform telah diambil selama berbagai penggalian di Girsu setelah penemuan pertamanya pada tahun 1877 oleh arkeolog Prancis Ernest de Sarzec, tidak jelas apakah situs tersebut memiliki artefak penting lainnya atau tidak. Konflik berkepanjangan di kawasan tersebut selama abad ke-20 juga menyebabkan masyarakat umum menjauh.

Meskipun demikian, tujuan menemukan bangunan pusat dan utama Girsu telah tercapai. Kesempatan baru muncul bagi arkeolog Girsu dengan munculnya peralatan survei udara.

Gambar drone yang direkam pada tahun 2022 mengungkap artefak yang sebelumnya tidak terlihat terkubur di bawah permukaan. Dinding bata lumpur Istana Lord of the Kings digali selama penggalian di tingkat tanah lebih lanjut, membuktikan bangunan pusat dari kota megah Girsu akhirnya telah ditemukan.

Lebih dari 200 tablet kuneiform digali oleh peneliti dari reruntuhan penggalian abad ke-19. Dokumen-dokumen ini akhirnya menjadi catatan administratif yang komprehensif tentang kehidupan kota.
Halaman :
tulis komentar anda
Follow
Video Rekomendasi
Berita Terkait
Rekomendasi
Terpopuler
Berita Terkini More