Kuil Sumeria Berusia 4.500 Tahun Ditemukan di Irak, Didedikasikan untuk Dewa Guntur

Sabtu, 25 Februari 2023 - 14:04 WIB
loading...
Kuil Sumeria Berusia 4.500 Tahun Ditemukan di Irak, Didedikasikan untuk Dewa Guntur
Reruntuhan bangunan kuil Sumeria berusia 4.500 tahun ditemukan di jantung kota kuno Girsu, di tenggara Irak. Foto/Live Science/British Museum
A A A
BAGHDAD - Reruntuhan bangunan kuil Sumeria berusia 4.500 tahun ditemukan di jantung kota kuno Girsu, di tenggara Irak . Kuil yang dibangun dari batu bata lumpur didedikasikan untuk Ningirsu, dewa guntur musim semi Mesopotamia.

Para arkeolog menemukan kuil yang telah lama hilang di lokasi yang dulu merupakan pusat kota kuno Girsu yang spektakuler. Sekarang lokasi tersebut menjadi situs arkeologi yang dikenal sebagai Tello.

“Di jantung kota Girsu, kami telah menemukan, saat ini masih menggali, salah satu ruang suci terpenting dari semua Mesopotamia kuno. Sebuah kuil yang didedikasikan untuk dewa utama Girsu,” kata Sebastien Rey, kurator Mesopotamia kuno dan pemimpin arkeolog di British Museum dikutip SINDOnews dari laman Live Science, Sabtu (25/2/2023).



Girsu adalah pusat budaya yang ramai di jantung Mesopotamia dan rumah bagi beberapa peradaban pertama. Bangsa Sumeria mungkin merupakan peradaban tertua di dunia dan yang pertama mendirikan agama dan kode hukum.

Wilayah Girsu antara sungai Efrat dan Tigris termasuk Irak, Suriah timur, Turki tenggara, bagian barat Iran dan Kuwait. Arkeolog Prancis Ernest de Sarzec pertama kali menemukan sisa-sisa Girsu pada tahun 1877 dan memindahkan semua artefak ditemukan.

Termasuk patung raja Sumeria Gudea berusia 4.000 tahun, yang memerintah kota itu pada akhir milenium ketiga SM. Akibatnya, banyak orang mengira tidak ada yang tersisa untuk digali. Beberapa periode konflik juga mencegah para ilmuwan mengakses situs di provinsi Dhi Qar di Irak selatan.

Rey dan timnya, membuktikan bahwa Girsu memiliki lebih banyak rahasia yang belum diungkap. Apalagi setelah Perang Dunia Kedua dan bertahun-tahun konflik yang terjadi di Irak, situs Girsu hampir terlupakan.



Sekarang, lebih dari satu abad setelah para arkeolog terakhir menjelajahi situs yang luar biasa itu, tim Rey telah menemukan kuil yang sangat luas itu. Arkeolog menggunakan teknik penginderaan jauh untuk mengungkap fitur situs yang terkubur di bawah pasir dan endapan lainnya.
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.2473 seconds (0.1#10.140)