12 Fakta Menarik Bison, Hewan Asli Amerika

Rabu, 13 Maret 2024 - 15:15 WIB
Anak bison cenderung lahir pada akhir Maret hingga Mei dan berwarna jingga-merah, yang membuat mereka dijuluki "anak bison merah." Setelah beberapa bulan, bulu ini mulai berubah menjadi cokelat gelap dan puncak bahu serta tanduk karakteristik mereka mulai tumbuh.



5. Bison dan suku pribumi tak terpisahkan



Bison telah menjadi bagian integral dari budaya suku, menyediakan makanan, pakaian, bahan bakar, alat, tempat tinggal, dan nilai spiritual. Didirikan pada tahun 1992, Dewan Bison Antar Suku bekerja dengan National Park Service untuk mentransfer bison dari tanah taman nasional ke tanah Suku.

6. Suasana hati bison



Suasana hati bison bisa dinikai dari ekornya. Ketika ekornya menggantung dan bergerak secara alami, bison biasanya tenang. Jika ekor tegak lurus, hati-hati! Mungkin dia siap untuk menyerang. Terlepas dari apa yang dilakukan ekor bison, ingat bahwa mereka tidak terduga dan bisa menyerang kapan saja.

7. Hewan yang cepat



Bison mungkin besar, tetapi mereka juga cepat. Mereka bisa berlari dengan kecepatan hingga 35 mil per jam. Plus, mereka sangat gesit. Bison dapat berputar dengan cepat, melompati pagar tinggi, dan berenang dengan kuat.

8. Cari makan 9-11 jam sehari



Bison sebagian besar makan rumput, gulma, dan tanaman berdaun. Biasanya Bison mencari makan selama sembilan hingga 11 jam sehari. Itulah mengapa punuk bison yang menonjol besar itu berguna saat musim dingin. Punuk itu memungkinkan bison untuk mengayunkan kepala dari sisi ke sisi untuk membersihkan salju, terutama untuk menciptakan remah makanan.

9. Pemburu yang bertobat



Dari pemburu menjadi konservasionis, Teddy Roosevelt membantu menyelamatkan bison dari kepunahan. Pada tahun 1883, Teddy Roosevelt melakukan perjalanan ke Dakota untuk berburu bison. Setelah beberapa tahun di barat, Roosevelt kembali ke New York dengan pandangan hidup yang baru. Dia membuka jalan bagi gerakan konservasi, dan pada 1905, membentuk American Bison Society bersama William Hornaday untuk menyelamatkan bison yang semakin langka. Hari ini, bison hidup di semua 50 negara bagian, termasuk tanah Suku, cagar alam, taman nasional, dan tanah swasta.

10. Bison berumur panjang



Bison dapat hidup hingga 20 tahun. Rata-rata umur hidup bison adalah 10–20 tahun, tetapi beberapa bisa hidup lebih lama. Bison mulai berkembang biak pada usia dua tahun dan hanya memiliki satu bayi setiap kali melahirkan. Untuk jantan, usia berkembang biak yang optimal adalah enam hingga 10 tahun.

11. Mandi debu



Bison berguling-guling di debu untuk mengusir lalat yang menggigit dan membantu melepaskan bulu. Bison jantan juga mandi debu selama musim kawin untuk meninggalkan aroma dan menampilkan kekuatannya.

12. Penglihatan buruk

Halaman :
tulis komentar anda
Follow
Video Rekomendasi
Berita Terkait
Rekomendasi
Terpopuler
Berita Terkini More