6 Senjata Paling Mematikan Sepanjang Sejarah, Apa Saja?

Rabu, 27 Maret 2024 - 11:05 WIB
Senapan Maxim mampu menembakkan lebih dari 500 peluru per menit pada jarak lebih dari 1.830 meter. (Foto: Domain Photo)
JAKARTA - Sejarah mencatat peperangan hanya mendatangkan penderitaan dengan jutaan nyawa melayang serta kerusakan di berbagai sendi kehidupan. Dalam pergulatan perebutan kuasa ini para pihak yang berkonflik menghadirkan deretan senjata paling mematikan sepanjang sejarah.

Senjata-senjata paling mematikan sepanjang sejarah ini menjadi penyebab jatuhnya jutaan korban jiwa dan luka di berbagai belahan dunia. Ironisnya, perlombaan menciptakan senjata pemusnah massal tak pernah berhenti hingga saat ini.

Dilansir dari Britannica, Rabu (27/3/2024), berikut deretan senjata paling mematikan sepanjang sejarah peperangan umat manusia.

1. Senapan Mesin Maxim



Abad ke-19 menandai revolusi teknologi senjata api. Peralatan mesin memungkinkan pembuatan senjata dengan presisi lebih tinggi. Masalah kegagalan penembakan berkurang dengan kehadiran tutup perkusi dan amunisi selongsong. Bubuk mesiu tanpa asap terbakar lebih bersih dan merata dibandingkan bubuk hitam, dan para pembuat senjata dengan cepat menyadari potensi memanfaatkan hentakan senjata untuk meningkatkan laju tembakan.





Hiram Maxim adalah penemu pertama yang menggabungkan semua inovasi ini ke dalam senjata tunggal. Senapan Maxim, yang dikembangkan tahun 1884, adalah senapan mesin berpendingin air, dioperasikan dengan hentakan, dan diisi dengan selongsong peluru yang mampu menembakkan lebih dari 500 peluru per menit pada jarak lebih dari 1.830 meter.

Berbagai kekuatan militer di seluruh Eropa mengadopsi sejumlah versi Maxim di tahun-tahun sebelum Perang Dunia I. Senjata varian Maxim banyak digunakan di Front Barat. Ketika melawan taktik infanteri usang, daya bunuhnya sangat mengejutkan. Hanya dalam satu hari pada Pertempuran Somme Pertama, lebih dari 20.000 tentara Inggris tewas dalam serangan berdarah melawan pasukan bertahan Jerman yang dipersenjatai senapan mesin MG 08, varian Jerman dari Maxim.

2. Senjata Nuklir

Halaman :
tulis komentar anda
Video Rekomendasi
Berita Terkait
Rekomendasi
Terpopuler
Berita Terkini More