7 Sapi Terbesar di Dunia: Dominasi Prancis dan Fakta Menarik

Selasa, 02 April 2024 - 08:00 WIB
Jenis-jenis sapi terbesar di dunia kebanyakan memang berasal dari Prancis. Foto: ist
JAKARTA - Jenis sapi terbesar dunia yang akan dibahas dalam artikel ini berasal dari berbagai negara. Berat dari sapi-sapi ini bisa mencapai lebih dari satu ton.

Kebanyakan sapi berukuran raksasa ini merupakan sapi hasil persilangan antara sapi peternakan dengan sapi berpunuk. Dilansir dari Agrono Mag, Terdapat lebih dari 920 ras sapi di dunia saat ini.

Ukuran sendiri merupakan faktor yang paling penting jika berkaitan dengan sapi, terutama untuk sapi pedaging. Namun salah satu tantangan bagi peternak yang memelihara sapi ini adalah tentang bagaimana seekor sapi bisa beradaptasi dengan kondisi lingkungan dan iklim tertentu.

7 Jenis Sapi Terbesar di Dunia

1. Limousin

Presiden Jokowi pernah menyumbangkan sapi Limosin seberat satu ton lebih sebagai hewan kurban yang dibagikan di kampung halamannya di Solo beberapa waktu lalu.



Sapi potong berotot tinggi, ras Perancis ini bisa mencapai berat 1.100 kg. Mereka yang berasal dari wilayah Limousin dan Marche ini memiliki badan yang kokoh, kesehatan yang baik, dan kemampuan beradaptasi yang baik. Selain kualitas dagingnya, sapi limousin juga digunakan sebagai hewan pekerja.

2. Parthenais

Sapi yang berasal dari wilayah Deux-Sevres, Prancis ini dikatakan sebagai salah satu ras sapi tertua di negara tersebut. Jenis sapi ini memiliki tinggi 1,45 m dan berat hingga 1.150 kg.

Parthenais menghasilkan susu berkualitas tinggi yang digunakan untuk beberapa produk susu, termasuk mentega dan juga digunakan untuk pekerjaan kasar. Dapat juga digunakan untuk produksi daging sapi, karena dagingnya berkualitas tinggi dan rendah kolesterol.
Halaman :
tulis komentar anda
Video Rekomendasi
Berita Terkait
Rekomendasi
Terpopuler
Berita Terkini More