Tinggi Badan Nyaris 2 Meter, Sapi Jantan Ini Pecahkan Rekor Dunia

Kamis, 16 November 2023 - 20:20 WIB
loading...
Tinggi Badan Nyaris 2 Meter, Sapi Jantan Ini Pecahkan Rekor Dunia
Rahasia tubuh raksasa sapi ini terletak pada asupan makannya. (Foto: Guinness Records)
A A A
JAKARTA - Tommy, seekor sapi jenis Brown Swiss berusia 13 tahun dari Cheshire, Massachusetts, baru-baru ini dinobatkan sebagai sapi jantan hidup tertinggi di dunia, dengan tinggi mencapai 1,87 meter.

Tommy dipelihara oleh keluarga Balawender di peternakan Cheshire sejak berusia satu hari, setelah dibeli. Meskipun nilai Tommy kini jauh lebih tinggi, keluarga Balawender melihatnya lebih sebagai anggota keluarga daripada aset. Mereka pun tidak mempertimbangkan untuk menjualnya.

Dikutip dari Oddity Central, Kamis (16/11/2023), sapi Brown Swiss biasanya memiliki tubuh besar untuk sapi perahan, tetapi dianggap sebagai jenis berukuran sedang, membuat Tommy agak aneh untuk jenisnya. Sapi betina Brown Swiss biasanya memiliki berat antara 650 kilogram hingga 700 kilogram, sedangkan banteng bisa mencapai 1 ton.



Tommy memiliki berat sekitar 1,5 ton, menjadikannya sangat berat bahkan untuk jenisnya. Meskipun ukurannya mengesankan, Tommy menjadi sosok yang lembut dengan sikap tenang dan damai.

Rahasia tubuh raksasa Tommy terletak pada asupan makannya. Ia mengonsumsi 15 kilogram biji-bijian kering, lebih dari 38 kilogram jerami, dan minum 35-40 galon air per hari. Dia sangat menyukai apel, dan pemiliknya telah menghabiskan sejumlah besar uang hanya untuk membuatnya bahagia.



"Tommy juga mengelilingi padang rumput mencari pohon apel liar dan sangat cerdas sehingga dia tahu bagaimana cara mendorong pohon agar apelnya turun," kata Laurie Balawender kepada Guinness Records.

Menariknya, jenis sapi ternak terbesar di dunia adalah Chianina, dikenal sebagai raksasa bovine sejati yang bahkan lebih besar dari Nickers, sapi raksasa asal Australia.
(msf)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.2270 seconds (0.1#10.140)