Memahami Gerhana Matahari Total 8 April 2024: Fakta Menarik dan Penyebabnya

Senin, 08 April 2024 - 12:55 WIB
Gerhana matahari total menjadi fenomena yang sangat menarik untuk diketahui. Foto: ist
JAKARTA - Gerhana matahari total bakal terjadi Senin, 8 April, di sejumlah wilayah di Amerika, Kanada, dan Meksiko.

Ini akan jadi gerhana matahari total pertama di AS sejak Agustus 2017. Para ahli menyebut peristiwa hari ini lebih unik dibandingkan yang terakhir.

Berikut penjelasan tentang gerhana matahari total dan mengapa fenomena ini terjadi:

Apa itu gerhana matahari?

Gerhana terjadi karena adanya penyelarasan di luar angkasa antara matahari, bulan, dan Bumi. Koreografi ini menghasilkan satu benda langit mengaburkan yang lain.



Tergantung posisi bulan (di sisi Bumi terdekat atau terjauh dari matahari), bulan bisa melemparkan bayangannya ke Bumi atau sebaliknya.

Selama gerhana bulan, ketiganya sejajar dengan Bumi di tengah-tengah. Terkadang terlihat bayangan Bumi, disinari oleh sinar matahari, bergerak melintasi permukaan bulan.

Kesejajaran ini berubah selama gerhana matahari. Bulan, saat mengorbit Bumi, melintas di antara planet dan matahari sedemikian rupa. Sehingga tampak melintas tepat di depan matahari, menghalangi cahayanya untuk sementara.

Dengan matahari di belakangnya, bayangan bulan dilemparkan ke Bumi. Orang-orang dalam jalur bayangan tersebut akan melihat siang berubah menjadi senja saat bulan melintas.
Halaman :
tulis komentar anda
Video Rekomendasi
Berita Terkait
Rekomendasi
Terpopuler
Berita Terkini More