5 Fakta Badak Jawa, Satwa Langka Asal Indonesia yang Terancam Punah

Sabtu, 04 Mei 2024 - 06:32 WIB
Pada ciri fisiknya, badak Jawa memiliki bobot antara 900 hingga 2.300 kilogram. Sementara panjang tubuhnya berkisar antara 2 sampai 4 meter.

Badak Jawa memiliki bibir bagian atas yang meruncing. Hal ini membantunya untuk mengambil daun atau ranting sebagai makanannya.

3. Suka Berendam

Pada kesehariannya, badak Jawa suka bersantai. Biasanya, mereka akan mencari kubangan lumpur untuk dijadikan tempat bersantai.

Selain kubangan lumpur, badak Jawa juga biasa berendam di air. Hal ini dilakukan untuk membersihkan lumpur yang telah mengering di badannya serta menyesuaikan panas tubuh.

4. Makan Daun dan Ranting

Badak Jawa memiliki kebiasaan makan dedaunan. Menariknya, mereka makan secara perlahan.

Maksudnya, badak Jawa pindah secara perlahan dari satu sumber makanan ke sumber lain. Rutenya sendiri bisa terlihat oleh jejak yang sering mengarah ke sumber makan sebelumnya.

Selain dedaunan, badak Jawa suka memakan ranting. Mereka dapat membengkokan tanaman yang lebih tinggi dengan membebankan tubuhnya.



5. Terancam Punah

Terlepas dari keunikan yang dimiliki, badak Jawa juga terancam punah. Spesies ini menghadapi banyak ancaman, termasuk bencana alam, penyakit hingga perburuan liar.
Halaman :
tulis komentar anda
Follow
Dapatkan berita terkini dan kejutan menarik dari SINDOnews.com, Klik Disini untuk mendaftarkan diri anda sekarang juga!
Video Rekomendasi
Berita Terkait
Rekomendasi
Terpopuler
Berita Terkini More