Mematikan, Ini Deretan Drone Canggih Hizbullah 

Kamis, 06 Juni 2024 - 11:00 WIB
Hizbullah mengembangkan teknologi drone yang tengah menjadi tren global. (Foto: Dok SINDOnews)
JAKARTA - Kelompok militan Hizbullah mengembangkan teknologi drone yang tengah menjadi tren global. Berikut ini deretan drone canggih Hizbullah.

Melansir berbagai sumber, Kamis (6/6/2024) kelompok milisi Hizbullah yang fokus melawan Israel ini selama bertahun-tahun mencoba mengintegrasikan teknologi canggih dari Iran. Salah satunya, kendaraan udara tak berawak (UAV) alias drone.

Hizbullah menilai akan memeroleh keuntungan strategis dengan mengaktifkan kemampuan pengintaian dan serangan di berbagai wilayah operasional. Berikut deretan drone canggih yang digunakan Hizbullah.



1. Mirsad 1 dan Mirsad 2



Mirsad 1 menjadi hasil pengembangan drone Mohajer 2 Iran sejak 2002. Drone ini terutama digunakan untuk pengintaian. Pengembangan ini menjadi salah satu upaya pertama Hizbullah dalam teknologi drone, serta menunjukkan kemampuannya mengumpulkan informasi intelijen di wilayah Israel.

Mengikuti Mirsad-1, Mirsad-2 dikembangkan pada 2003. Drone ini meniru model Mohajar 4 Iran yang menawarkan kemampuan lebih baik dibandingkan pendahulunya. Mirsad 2 digunakan untuk pengintaian dan operasi ofensif terbatas.



2. Ababil



Seri drone ini digunakan sejak era Perang Lebanon pada 2006. Drone Ababil mengadopsi model Ababil-T Iran. Drone ini dikenal karena keserbagunaannya dan digunakan untuk berbagai misi pengintaian. Selama konflik 2006, beberapa drone Ababil menjadi incaran Pasukan Pertahanan Israel.
Halaman :
tulis komentar anda
Follow
Dapatkan berita terkini dan kejutan menarik dari SINDOnews.com, Klik Disini untuk mendaftarkan diri anda sekarang juga!
Video Rekomendasi
Berita Terkait
Rekomendasi
Terpopuler
Berita Terkini More