Mengenal Pasukan Khusus Israel, Puluhan Anjing Oketz yang Jadi Korban Perang

Jum'at, 07 Juni 2024 - 16:05 WIB
Penggunaan anjing menjadi sorotan ketika Laksamana Hagari mengatakan bahwa IDF beberapa waktu lalu mengirim seekor anjing, yang dilengkapi dengan kamera video, ke dalam kompleks bangunan untuk membersihkan area tersebut. Anjing tersebut ditembak dan dibunuh, dan pertemuan hewan tersebut dengan militan direkam oleh kamera.

Kamera, yang kemudian ditemukan, juga merekam suara tiga sandera Israel yang diyakini telah melarikan diri setelah tentara membunuh para militan. Video tersebut menjadi bukti kunci kemudian, setelah para sandera secara keliru ditembak dan dibunuh oleh tentara Israel, karena menunjukkan bahwa militer Israel hampir menemukan sandera sebelum mereka terbunuh.



Dalam kasus lain, Hussam Abu Safiya, kepala departemen pediatrik rumah sakit Kamal Adwan di Gaza, menuduh militer Israel melepaskan anjing penyerang dalam serangan di rumah sakit tersebut dan menyerukan penyelidikan internasional.

Pada bulan September, sebelum perang di Gaza dimulai, surat kabar Israel Ha’aretz melaporkan tentang tentara yang menggeledah rumah warga Palestina di Tepi Barat menggunakan anjing untuk menakuti anggota keluarga perempuan. Itu adalah salah satu dari beberapa insiden yang melibatkan anjing militer yang menjadi berita utama di Israel selama bertahun-tahun.

Anjing telah lama berpartisipasi dalam konflik militer, sejak 600 SM. Pada tahun 1942, Amerika Serikat menciptakan unit anjing militer resmi pertama, dan pasukan khusus Amerika menggunakan anjing dalam serangan yang menewaskan pemimpin Al Qaeda Osama bin Laden pada tahun 2011 dan Abu Bakr al-Baghdadi, pemimpin Negara Islam, pada tahun 2019.

Namun, praktik ini tetap kontroversial. Hewan-hewan ini tidak memiliki status hukum dan pada dasarnya dianggap sebagai peralatan atau teknologi dan tidak mendaftar secara sukarela. Seperti manusia, anjing dapat mengalami trauma akibat perang dan menanggung bekas luka psikologis dari pekerjaan mereka.

MG/Maulana Kusumadewa Iskandar
(msf)
Halaman :
tulis komentar anda
Follow
Dapatkan berita terkini dan kejutan menarik dari SINDOnews.com, Klik Disini untuk mendaftarkan diri anda sekarang juga!
Video Rekomendasi
Berita Terkait
Rekomendasi
Terpopuler
Berita Terkini More