Mengenal Kapal Perang Sahand Iran, Fregat Andalan Teheran yang Tenggelam saat Diperbaiki

Jum'at, 19 Juli 2024 - 08:06 WIB
Sahand adalah salah satu kapal fregat kelas Moudge yang dimiliki Iran. Kapal ini juga diketahui menjadi bagian Armada Selatan Angkatan Laut Iran. Foto: ist
IRAN - Kapal perang Sahand Iran mengalami insiden mengejutkan ketika terbalik dan tenggelam sebagian di pelabuhan Bandar Abbas belum lama ini. Kejadian tersebut diklaim pihak berwenang sebagai kecelakaan teknis.

Mengutip NavalNews, media lokal Iran melaporkan bahwa kapal tersebut terbalik ke sisi kiri. Pada akhirnya, hanya sisi lambung kapal dan kubah sonarnya saja yang masih tampak berada di atas air.

Lantas, seperti apa sebenarnya spesifikasi dari kapal perang Sahand Iran yang tenggelam saat diperbaiki itu? Berikut ulasannya.



Spesifikasi Kapal Perang Sahand Iran

Sahand adalah salah satu kapal fregat kelas Moudge yang dimiliki Iran. Kapal ini juga diketahui menjadi bagian Armada Selatan Angkatan Laut Iran.

Pada riwayatnya, Sahand sudah diluncurkan sejak 2012. Kendati begitu, pengoperasiannya baru berjalan efektif pada 2018.

Menariknya, penyebutan ‘Sahand’ ini diambil dari nama kapal Iran lain yang dulu pernah ditenggelamkan militer Amerika Serikat pada bentrokan di Laut Arab tahun 1988. Insiden tersebut terjadi setelah penempatan ranjau laut Iran yang merusak kapal perang AS.

Melihat statusnya, Sahand disebut Iran sebagai fregat pembawa peluru kendali. Kapal perang ini punya panjang sekitar 95 meter dan berat antara 2.000-2.500 ton.

Berkaca pada jenisnya, Sahand sendiri memiliki perlengkapan yang cukup bagus untuk sebuah kapal perang. Beberapa senjata utama yang disematkan seperti meriam utama 76 mm hingga persenjataan sekunder 40 mm di samping elemen rudalnya.
Halaman :
tulis komentar anda
Follow
Dapatkan berita terkini dan kejutan menarik dari SINDOnews.com, Klik Disini untuk mendaftarkan diri anda sekarang juga!
Video Rekomendasi
Berita Terkait
Rekomendasi
Terpopuler
Berita Terkini More