Daftar Hewan yang Punya Banyak Mata, Ada yang sampai 10 Ribu Mata

Sabtu, 03 Agustus 2024 - 16:06 WIB
Capung memiliki mata majemuk yang tersusun dari 30.000 ommatidia. Foto/Treehugger
JAKARTA - Sebagian besar hewan memiliki dua mata seperti manusia. Ternyata terdapat beberapa hewan yang diberi keistimewaan memiliki lebih dari dua mata alias hewan yang punya banyak mata.

Keunikan hewan yang punya banyak mata terletak pada bentuk ataupun fungsinya. The Science Explorer melansir, Sabtu (3/8/2024) hewan yang punya banyak mata berikut ini :

1. Belangkas

Hewan laut satu ini punya nama lain kepiting ladam. Spesiesnya masih berkerabat dengan keluargaArachnida.Meskipun mirip dengan kepiting pada umumnya, belangkas sejatinya bukan kepiting. Habitatnya ada di hampir seluruh dunia, termasuk Indonesia.

Salah satu keunikannya terletak pada jumlah matanya yang mencapai 10 buah. Kesepuluh mata itu terdiri atas 2 mata majemuk plus 3 mata tambahan di bagian atas cangkangnya. Ada pula 2 mata di dekat mulut, 2 mata di bagian bawah tubuhnya, serta 1 mata di ekor.

2. Bintang laut

Binatang laut berwarna merah muda ini sebenarnya juga punya mata. Jumlahnya ada lima yang terletak di setiap ujung lengannya. Fungsinya untuk mendeteksi pergerakan di sekitarnya.

3. Laba-laba raksasa