Daftar Hewan yang Punya Banyak Mata, Ada yang sampai 10 Ribu Mata

Sabtu, 03 Agustus 2024 - 16:06 WIB
Jenis laba-laba satu ini berbeda karena punya enam mata. Saat diperhatikan sekilas, hanya nampak sepasang mata karena ukurannya relatif besar dibandingkan mata lainnya.

Penglihatan malam mereka bisa 100 kali lipat lebih baik dibandingkan manusia. Bukan karena ukuran mata mereka yang besar semata, melainkan juga adanya lapisan sel yang peka cahaya yang melapisinya. Selaput ini sangat peka cahaya sehingga hancur saat pagi menjelang dan baru muncul lagi ketika gelap tiba.



4. Capung



Serupa dengan berbagai jenis serangga lainnya, capung punya mata majemuk yang tersusun dari 30.000 ommatidia. Namun, mata capung lebih kompleks dibandingkan serangga lainnya.

Ukuran matanya cukup besar hingga hampir seukuran kepalanya. Selain itu, mata capung punya bidang pandang hingga 360 derajat. Fauna ini juga dibekali organocelliseperti milik bintang laut, sehingga mereka bisa mendeteksi pergerakan supercepat hingga sepersekian detik.

5. Bunglon



Memiliki mata terunik di antara binatang lainnya. Lantaran kelopak matanya membentuk sejenis lingkaran mengelilingi bola mata dan hanya menyisakan satu lubang seukuran jarum untuk melihat.

Sepasang mata bunglon juga unik karena masing-masing bisa bergerak dan mampu melihat dalam bidang pandang 360 derajat. Kemampuan ini membuat bunglon bisa melihat ke dua tempat berbeda sekaligus.

6. Udang Mantis

Halaman :
tulis komentar anda
Follow
Dapatkan berita terkini dan kejutan menarik dari SINDOnews.com, Klik Disini untuk mendaftarkan diri anda sekarang juga!
Video Rekomendasi
Berita Terkait
Rekomendasi
Terpopuler
Berita Terkini More