Misteri Batu Altar Stonehenge Seberat 6 Ton Akhirnya Terungkap

Kamis, 15 Agustus 2024 - 11:44 WIB


Mereka belum dapat mempersempitnya ke satu situs, tetapi kandidat yang paling mungkin adalah Orkney, jalur pesisir sempit yang membentang selatan ke Moray Firth dekat Inverness, dan area segitiga dekat John o'Groats di Caithness.

Kemungkinan kecil Batu Altar berasal dari sandstone merah tua di Shetland. Penulis bersama Nick Pearce, seorang geolog di Aberystwyth University, mengatakan kemungkinan batu tersebut berasal dari lokasi lain adalah "fraksi persen."

Jadi bagaimana batu seberat 6 ton ini bisa sampai dari Skotlandia ke Stonehenge? Clarke dan rekan-rekannya mengatakan terlalu sulit untuk mengangkut Batu Altar melalui darat, mengingat hambatan topografi. Mereka meyakini batu ini mungkin telah diangkut melalui laut.

Namun, arkeolog Mike Pitts, tidak setuju dan mengatakan bahwa transportasi darat lebih mungkin dan meski memakan waktu bertahun-tahun. "Jika meletakkan batu di kapal laut, tidak hanya berisiko kehilangan batu tersebut, tetapi juga tidak ada yang bisa melihatnya," katanya. Dia berpikir transportasi darat "sangat mungkin dilakukan dengan teknologi Neolitik."

Bagaimanapun, penemuan terbaru ini memiliki beberapa implikasi menarik untuk tingkat organisasi masyarakat di wilayah ini selama periode Neolitik, menunjukkan bahwa konstruksi Stonehenge adalah usaha kolaboratif yang jauh lebih besar dan Inggris Neolitik jauh lebih terhubung dan maju—daripada yang diperkirakan sebelumnya.

"Selama ini telah diketahui bahwa bluestones berasal dari Wales, tetapi ini mengidentifikasi hubungan dengan bagian Britania yang sangat berbeda, dan secara signifikan lebih jauh dari Stonehenge," kata Pitts.

"Jadi ini menunjukkan bahwa situs tersebut dikenal tidak hanya oleh orang-orang di selatan, tetapi di wilayah yang jauh lebih luas. Dan itu membuka saran untuk seluruh cara kita memikirkan Inggris Neolitik."
(msf)
Halaman :
tulis komentar anda
Follow
Dapatkan berita terkini dan kejutan menarik dari SINDOnews.com, Klik Disini untuk mendaftarkan diri anda sekarang juga!
Video Rekomendasi
Berita Terkait
Rekomendasi
Terpopuler
Berita Terkini More