Arkeolog Temukan Kuburan Kuno Berusia 4.500 Tahun di Stonehenge

Kamis, 11 Februari 2021 - 08:52 WIB
loading...
Arkeolog Temukan Kuburan Kuno Berusia 4.500 Tahun di Stonehenge
Makam seorang wanita berusia 20-an, berjongkok di sekitar pot atau gelas kimia, ditemukan oleh para arkeolog tidak jauh dari lingkaran batu Neolitik di Stonehenge. Diperkirakan berasal dari sekitar 4.500 tahun yang lalu. Foto/Wessex Archaeology
A A A
LONDON - Arkeolog menemukan kuburan kuno, termasuk kuburan dengan sisa-sisa bayi berusia lebih dari 4.500 tahun, kandang yang aneh, dan tembikar prasejarah, di antara harta terpendam lainnya di samping pembangunan terowongan jalan yang kontroversial.

"Secara kolektif, [penemuan] memungkinkan kami untuk membangun gambaran yang lebih rinci tentang apa yang dilakukan orang purba dan bagaimana mereka tinggal di daerah sekitar Stonehenge," kata Matt Leivers, konsultan arkeolog untuk Wessex Archaeology kepada Live Science. (Baca: Ilmuwan Planet Rilis Peta Baru, Ternhyata di Bawah Permukaan Mars Banyak Es)

Sebelum memulai proyek senilai US$2,4 miliar untuk memindahkan jalan raya terdekat di bawah tanah, otoritas Inggris telah menugaskan Wessex Archaeology untuk melakukan penyelidikan menyeluruh atas tanah di atasnya.

Untuk melakukan ini, para arkeolog berjalan di ladang dan membuat parit dan lubang untuk menguji sisa-sisa arkeologi dan artefak di sepanjang jalur sepanjang 2 mil (3 kilometer) di mana terowongan jalan direncanakan.

Yang paling penting di antara penemuan terbaru adalah beberapa kuburan, yang digali tepat di sebelah barat daya lingkaran Stonehenge. Kuburan itu diperkirakan berasal dari budaya Beaker, yang dinamai berdasarkan praktik mereka menguburkan orang mati dengan bejana tembikar berbentuk lonceng. (Baca juga: Tetelsat Dapat Kontrak US$3 Miliar untuk Bangun Satelit LEO)

Orang-orang Beaker tinggal di Eropa Barat antara 4.800 dan 3.800 tahun yang lalu, dimulai pada periode Chalcolithic ketika perkakas tembaga pertama mulai digunakan.

Di salah satu kuburan, para peneliti menemukan pot sederhana di samping sisa-sisa bayi, meski hanya tulang telinga yang tersisa. Lubang lain di dekatnya berisi sisa-sisa seorang wanita yang meninggal di usia 20-an, tubuhnya berjongkok di sekitar pot atau gelas kimia yang berornamen.

Tim peneliti juga menemukan pecahan penusuk atau jarum tembaga dan benda serpih silinder misterius, mungkin bagian dari tongkat di kuburan itu. Kedua kuburan diperkirakan berusia sekitar 4.500 tahun.

Cache terkubur dari artefak kuno lainnya, termasuk bejana tembikar, batu api, dan tanduk rusa yang mungkin telah digunakan untuk menggali juga telah ditemukan di sepanjang rute terowongan yang direncanakan. (Baca juga: UEA Akan Rayakan Kemenangan Perlombaan ke Mars)

Penyelidikan awal juga menemukan parit di sebelah tenggara monumen yang bisa menjadi bagian dari benteng Zaman Besi yang dikenal secara lokal sebagai "Kamp Vespasianus" - dinamai menurut jenderal Romawi.
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1477 seconds (0.1#10.140)