Ajaib! Pohon Beringin Ini Tak Bisa Ditumbangkan, Beberapa Kali Ditebang Tumbuh Lagi

Minggu, 18 Agustus 2024 - 19:24 WIB
Pohon beringin ajaib di India. FOTO/ Science Howstuffworks
NEW DELHI - Pohon beringin besar di Kebun Raya Acharya Jagadish Chandra Bose di Kolkata, India, merupakan salah satu contoh menakjubkan dari keajaiban alam. Pasalnya pohon ini beberapakali ditebang namun tumbuh lagi.



Pohon ini memiliki cabang setinggi 80 kaki (24 meter) dan lebih dari 3.600 akar udara yang mendukung dan memperluas struktur pohon.



Pohon ini adalah Ficus benghalensis, yang dikenal sebagai beringin atau banyan tree. Ficus benghalensis adalah spesies asli Asia Selatan, termasuk India, dan sering ditemukan di daerah tropis dan subtropis.

:

Bukan tanaman berbeda, ternyata ternyata seluruh pohon yang ada di sana hanyalah akar dari the Great Banyan Tree sebanyak 3.600 akar. Hal ini membuatnya seakan 'berjalan' ke tempat lainnya.

Erin Alvarez dan Bart Schutzman, dosen departemen lingkungan hortikultura di University of Florida, Amerika Serikat menjelaskan pohon itu tumbuh di lahan seluas lima hektar dan sudah berusia lebih dari 250 tahun.

Tumbuhan dengan nama ilmiah Ficus benghalensis ini menurut Alvarez dan Schutzman adalah satu-satunya beringin asli di India. Namanya diambil dari pedagang Hindu yang melakukan bisnis di bawah pohon tersebut.

"Sekarang istilah tersebut digunakan secara umum untuk beberapa spesies Ficus yang memiliki siklus hidup serupa dan termasuk dalam satu kelompok yakni subgenus Urostigma," jelas keduanya seperti dilansir dari Science Howstuff Works
Halaman :
tulis komentar anda
Follow
Dapatkan berita terkini dan kejutan menarik dari SINDOnews.com, Klik Disini untuk mendaftarkan diri anda sekarang juga!
Video Rekomendasi
Berita Terkait
Rekomendasi
Terpopuler
Berita Terkini More