10 Bahasa Rahasia Pilot yang Sering Diucapkan saat Penerbangan

Senin, 26 Agustus 2024 - 09:54 WIB
Istilah deadhead crew mungkin terdengar nyeleneh. Tetapi, faktanya tidak seburuk itu. Deadhead crew maksudnya adalah kru pesawat yang tidak bertugas tetapi ikut dalam penerbangan komersial sebagai penumpang. Biasanya, deadhead crew hendak kembali ke homebase atau pangkalan kru maskapai tersebut.

3. “There’s a pilot in the jumpseat”

Deadhead crew biasanya diusahakan sedemikian rupa agar bisa ikut dalam penerbangan. Jika kabin penumpang penuh, maka, maskapai akan menyiapkan kursi lipat tambahan di kokpit yang dikenal sebagai jumpseat. Jumpseat biasanya disediakan untuk inspektur FAA atau untuk deadhead crew.

4. “It’s 17:00 Zulu time”

Karena pilot dapat melewati beberapa zona waktu dalam satu perjalanan dan harus berkomunikasi dengan ATC dari seluruh dunia, pilot mengacu pada “waktu Zulu,” atau Greenwich Mean Time (GMT), zona waktu universal di aviasi.Paket liburan terbaik

5. “George is flying the plane now”

“George is flying the plane now” atau yang dalam bahasa Indonesia berarti “George sedang menerbangkan pesawat saat ini” adalah istilah rahasia pilot untuk sistem autopilot yang sedang bekerja. Biasanya, pilot mengaktifkan sistem autopilot saat di ketinggian 30-37 ribu kaki.

6. “We’re flying through an air pocket”

Frasa tersebut dipakai pilot untuk menginformasikan ke kru kabin akan adanya turbulensi di depan. Air pocket atau kantung udara dianggap lebih halus untuk memperingatkan adanya bahaya tanpa menimbulkan kekhawatiran bagi penumpang.

7. “Pilot English”
Halaman :
tulis komentar anda
Follow
Dapatkan berita terkini dan kejutan menarik dari SINDOnews.com, Klik Disini untuk mendaftarkan diri anda sekarang juga!
Video Rekomendasi
Berita Terkait
Rekomendasi
Terpopuler
Berita Terkini More