Spesifikasi Pesawat Anti Kiamat Amerika Boeing E-4B, Kendaraan Khusus yang Diciptakan Jika Terjadi Bencana Nuklir

Rabu, 04 September 2024 - 20:49 WIB
loading...
Spesifikasi Pesawat...
Pesawat Anti Kiamat Amerika Boeing E-4B adalah bagian dari armada yang dijuluki pesawat Nightwatch, yang dirancang oleh militer AS sejak tahun 1970-an. Foto: Boeing
A A A
JAKARTA - Pesawat Anti Kiamat Amerika Serikat secara khusus dibuat untuk menerbangkan sejumlah pejabat penting ke berbagai tempat sepanjang waktu. Karena itu pesawat ini dikenal dengan daya tahan terbangnya.

Saat ini AS tercatat telah memiliki empat Pesawat Anti Kiamat yang salah satunya berjenis Boeing E-4B. Pesawat itu dirancang untuk menjaga pemerintahan supaya tetap mampu beroperasi meski bencana nuklir terjadi.

Pada tahun 2022 lalu, AS diduga telah menyiapkan Pesawat Anti Kiamat Boeing E-4B untuk berlatih. Hal itu dilakukan tepat setelah Presiden Rusia, Vladimir Putin, mengumumkan pasukan nuklir untuk bersiaga.

Spesifikasi Pesawat Anti Kiamat Amerika Boeing E-4B
Spesifikasi Pesawat Anti Kiamat Amerika Boeing E-4B, Kendaraan Khusus yang Diciptakan Jika Terjadi Bencana Nuklir

Pesawat Anti Kiamat Amerika Boeing E-4B adalah bagian dari armada yang dijuluki pesawat Nightwatch, yang dirancang oleh militer AS sejak tahun 1970-an.

Pembangunan pesawat ini menghabiskan US$200 juta atau sekitar Rp3,1 triliun (kurs Rp15.528), dilengkapi sederet fitur keselamatan yang tidak ada pada Boeing 747 komersial.

Pesawat ini telah dibekali dengan spektrum peralatan komunikasi terlengkap dan tercanggih yang pernah diterbangkan.

Menurut Angkatan Luar Angkasa Amerika Serikat, “Milstar” adalah “sistem komunikasi satelit layanan gabungan yang menyediakan komunikasi di seluruh dunia yang aman, tahan kemacetan, untuk memenuhi persyaratan penting masa perang bagi pengguna militer dengan prioritas tinggi.

Kokpit berisi kontrol analog, dan stasiun kerja dilengkapi dengan telepon dan monitor yang dirancang untuk beroperasi jika terjadi pulsa elektromagnetik nuklir.

Benjolan khusus yang terdapat di atas pesawat atau dikenal sebagai 'radome' memiliki lebih dari 65 antena dan antena parabola. Antena itu digunakan untuk berkomunikasi dengan kapal, kapal selam, pesawat terbang dan telepon rumah di seluruh dunia.

Selain itu, setiap jendela di kokpit memiliki jaringan pelindung pulsa elektromagnetik (EMP) untuk melindungi sistem sensitif pesawat dari bahaya.



Pesawat-pesawat tersebut juga memiliki pengisian bahan bakar dalam penerbangan dan telah mampu mengudara dan beroperasi hingga 35,4 jam. Menariknya, pesawat ini dapat mengisi bahan bakar di tengah penerbangan selama masa perang.

Meskipun rincian pastinya merupakan rahasia yang dijaga ketat, diyakini bahwa E-4B diperkirakan telah “dikeraskan” terhadap efek pulsa elektromagnetik nuklir (EMP) dari bom nuklir dan menjanjikan peningkatan yang signifikan dalam kemampuan komunikasi selama ini.

Diyakini bahwa pesawat anti kiamat Amerika ini adalah cara terbaik untuk menjaga keamanan presiden dan pejabat tinggi pemerintahan jika terjadi serangannuklir.
(dan)
Dapatkan berita terkini dan kejutan menarik dari SINDOnews.com, Klik Disini untuk mendaftarkan diri anda sekarang juga!
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1794 seconds (0.1#10.140)