Perjalanan Batu Altar Stonehenge: Dari Wales ke Skotlandia, Misteri Belum Terpecahkan

Sabtu, 14 September 2024 - 07:16 WIB

Menyusun Potongan Puzzle Kuno

Pembangunan Stonehenge: dimulai sejak 3000 SM dan berlangsung dalam beberapa fase. Batu Altar diyakini telah ditempatkan di dalam tapal kuda pusat selama fase konstruksi kedua sekitar 2620 SM hingga 2480 SM.

Jenis Batu di Stonehenge: Penelitian telah menunjukkan bahwa bluestones, sejenis batu pasir berbutir halus, dan balok batu pasir bersilifikasi yang disebut sarsen digunakan dalam pembangunan monumen tersebut.

Sarsen berasal dari West Woods dekat Marlborough, sekitar 25 kilometer jauhnya. Sementara beberapa bluestones berasal dari daerah Preseli Hills di Wales barat dan diperkirakan merupakan batu pertama yang ditempatkan di situs tersebut.

Keunikan Batu Altar

"Batu Altar bersifat anomali dalam banyak hal baik untuk bluestones maupun sarsen di Stonehenge," kata Bevins. "Batu ini terletak di posisi yang tidak biasa di monumen tersebut, menempati lokasi yang hampir berada di tengah dan tidak berada di dalam Lingkaran Bluestone maupun Tapal Kuda Bluestone. Batu ini juga merupakan batu pasir abu-abu-hijau, tidak seperti semua jenis batuan bluestone lainnya."

Mencari Jawaban di Skotlandia

Penemuan bahwa Wales tidak mungkin menjadi tempat asal Batu Altar mengubah arah penelitian Bevins.

"Bukti hubungan jarak jauh antara Orkney dan Stonehenge terkait sebagian dengan pertukaran gaya budaya material tertentu," kata Bevins.

Hubungan lama antara Stonehenge dan Orkney mencakup gaya tembikar yang dihias dan arsitektur serupa dari tempat tinggal kuno yang ditemukan di kedua lokasi tersebut.

Tim tersebut membawa mesin sinar-X portabel ke Orkney untuk melakukan analisis kimia mineral yang terkandung dalam batuan yang terbuka di Stones of Stenness dan Ring of Brodgar, dua sisa-sisa kuno dari monumen batu.

Ring of Brodgar adalah lingkaran batu upacara besar yang berasal dari milenium ketiga SM, dan Stones of Stenness dulunya merupakan lingkaran dari 12 batu dengan perapian pusat yang dibangun lebih dari 5.000 tahun yang lalu, salah satu monumen paling awal di Kepulauan Inggris.
Halaman :
tulis komentar anda
Follow
Dapatkan berita terkini dan kejutan menarik dari SINDOnews.com, Klik Disini untuk mendaftarkan diri anda sekarang juga!
Video Rekomendasi
Berita Terkait
Rekomendasi
Terpopuler
Berita Terkini More