Selain Komet A3 di Bali, Ini 8 Peristiwa Langit yang Siap Memanjakan Mata

Senin, 30 September 2024 - 13:00 WIB

6. Saturnus

Planet Saturnus sekarang terlihat tepat ketika gelap dan akan tetap demikian hingga akhir tahun. Saat ini NASA telah mengirim pesawat rotorcraft mirip drone untuk mempelajari Titan, bulan terbesar Saturnus, yang diyakini mengandung bahan organik. Sebuah rotorcraft berdelapan bilah bernama Dragonfly dijadwalkan akan diluncurkan pada tahun 2027 untuk tiba di tujuannya pada tahun 2034.

7. Klaster Bintang Pleiades

Dikenal sebagai Tujuh Saudari, Gugus Bintang Pleiades muncul tidak lama setelah gelap. Pemandangan langit ini dapat dinikmati dengan mata telanjang. "Tetapi dengan sepasang teropong, Anda dapat melihat puluhan bintang, kebanyakan berwarna biru cerah yang bagus," kata Kinzer.

Fenomena ini cukup luar biasa mengingat bintang-bintang itu berjarak 430 tahun cahaya, atau 2.500 triliun mil.

8. Galaksi Andromeda

Galaksi Andromeda, galaksi besar terdekat dengan Bima Sakti, dapat diamati di langit malam. Bentuknya mirip sebuah gumpalan kecil yang kabur. "Gumpalan kecil yang kabur itu terdiri dari puluhan miliar bintang. Dan cahaya yang mengenai mata Anda meninggalkan bintang-bintang itu dua setengah juta tahun lalu," kata Kinzer.