Penemuan Tengkorak Gajah Raksasa Isyaratkan Keberadaan Spesies Misterius di India

Kamis, 17 Oktober 2024 - 23:19 WIB
Gajah Raksasa zaman prasejarah di India. FOTO/ WION NEWS
NEW DELHI - Para arkeolog menemukan tengkorak gajah terkubur bersama 87 peralatan batu yang mengisyaratkan keberadaan spesies misterius.



Tengkorak gajah ditemukan terkubur bersama 87 peralatan batu yang digunakan oleh manusia prasejarah dan material lain yang digali di bawah Dr Ghulam Bhat di Universitas Jammu.



Tengkorak tersebut diteliti oleh tim ilmuwan internasional dari Museum Sejarah Alam Florida, Museum Inggris, Universitas York, dan Museum Sejarah Alam (London), bersama dengan Dr. Steven Zhang dari Universitas Helsinki untuk mengetahui usia dan konteks evolusi megaherbivora ini. Makalah tersebut diterbitkan dalam Jurnal Paleontologi Vertebrata.

"Dari bentuk umum tengkoraknya, cukup jelas bahwa gajah itu termasuk dalam Palaeoloxodon, atau gajah bergading lurus, salah satu mamalia darat terbesar yang pernah hidup. Gajah dewasa yang sudah dewasa tingginya sekitar 4 m di bahu dan beratnya 9–10 ton," kata Zhang, seorang paleontologis dari Departemen Geosains dan Geografi Universitas tersebut seperti dilansir dari Wion News, Kamis (17/10/2024).

"Namun yang membingungkan para ahli selama ini adalah bahwa tengkorak Kashmir tidak memiliki puncak yang menebal dan menonjol ke depan di atap tengkorak yang menjadi ciri tengkorak Palaeoloxodon lain yang ditemukan di India," tambahnya.

Dalam penelitian terkini, ditemukan bahwa jambul tengkorak pada gajah-gajah tersebut menjadi lebih menonjol seiring dengan kematangan seksual dan perkembangan.

"Dari ukuran, gigi bungsu, dan beberapa ciri lain yang menunjukkan keberadaan tengkorak tersebut, jelaslah bahwa hewan itu adalah seekor gajah jantan yang gagah perkasa di masa jayanya, tetapi tidak adanya jambul tengkorak yang berkembang dengan baik, terutama jika dibandingkan dengan tengkorak jantan dewasa lainnya dari Eropa dan India, menunjukkan bahwa kita memiliki spesies yang berbeda di sini," kata Zhang.

Menurut tim peneliti, ciri-ciri tengkorak Kashmir cocok dengan tengkorak lain yang tidak dikenal dari Turkmenistan yang termasuk spesies berbeda yang disebut Palaeoloxodon turkmenicus.

"Yang selalu membingungkan tentang tengkorak Turkmen adalah, selain tidak adanya jambul yang menonjol di atap tengkorak, fitur-fitur lainnya sangat mirip dengan spesies Eropa yang sudah terkenal, P. antiquus. Dan ini menyebabkan sejumlah ahli berpendapat bahwa spesimen Turkmen hanyalah individu yang menyimpang dari spesies Eropa," kata Zhang.

"Namun dengan ditambahkannya tengkorak Kashmir ke dalam campuran, kini menjadi jelas bahwa kedua spesimen tersebut dapat diteorikan sebagai representasi spesies berbeda yang sebelumnya hanya sedikit kita ketahui, dengan sebaran yang luas dari Asia Tengah hingga anak benua India utara," jelas Dr. Advait Jukar, penulis utama penelitian tersebut.

Setelah mengukur penguraian protein pada email gigi tengkorak Kashmir Palaeoloxodon dan mengamati peralatan batu yang ditemukan di sampingnya, tim tersebut menyimpulkan bahwa tengkorak itu milik spesies yang berbeda dari Palaeoloxodon Eurasia lainnya, yang mungkin adalah Palaeoloxodon turkmenicus.
(wbs)
tulis komentar anda
Follow
Dapatkan berita terkini dan kejutan menarik dari SINDOnews.com, Klik Disini untuk mendaftarkan diri anda sekarang juga!
Video Rekomendasi
Berita Terkait
Rekomendasi
Terpopuler
Berita Terkini More