Tanaman yang Bisa Hilangkan Radiasi Komputer dan HP

Jum'at, 25 Oktober 2024 - 12:32 WIB
Tanaman yang Bisa Hilangkan Radiasi Komputer dan HP. FOTO/ IFL SCIENCE
JAKARTA - Paparan radiasi alat elektronik seperti laptop dan Ponsel, ungkin kelihatannya sepele, namun jika dibiarkan rawan terkena sick building syndrome. Namun ada beberapa tanaman hias yang dikenal dapat membantu mengurangi dampak radiasi elektromagnetik dari perangkat elektronik.



Penyakit ini biasanya menyasar kepada mereka pekerja kantoran. Gejala sick building syndrome, antara lain sakit mata, sakit kepala, susah berkonsentrasi, dan bersin-bersin.



Namun jangan khawatir. Untuk menghindari sick building syndrome, ada langkah yang cukup mudah. Anda cukup menempatkan tanaman di dekat alat elektronik tersebut. Namun, tidak semua tanaman bisa mengurai radiasi. Lantas, apa saja tanamannya?

Asosiasi Bunga Indonesia mencatat, setidaknya terdapat lima tanaman yang bisa mengurai radiasi.

Berikut kelima tanaman yang bisa mengurangi radiasi



1. Palem kuning (Chrysalidocarpus lutescens)



Jenis palem ini dapat tumbuh hingga 5 meter (m). Kemampuannya dalam menyerap racun paling tinggi dibandingkan tanaman lain. Tanaman yang berukuran kecil cocok diletakkan di dalam rumah dan yang berukuran besar bisa ditanam di pinggir jalan karena sangat efektif untuk menyerap gas beracun dari asap kendaraan maupun pabrik. Palem Kuning setinggi 1,8 m dapat menghasilkan uap air 1 liter per 24 jam.

Kemampuan menyerap Trikloroetilen-nya 16,520 microgram, sedangkan penyerapan Benzena 34,073 microgram, dan Formaldehida 76,707 microgram per 24 jam.
Halaman :
tulis komentar anda
Follow
Dapatkan berita terkini dan kejutan menarik dari SINDOnews.com, Klik Disini untuk mendaftarkan diri anda sekarang juga!
Video Rekomendasi
Berita Terkait
Rekomendasi
Terpopuler
Berita Terkini More