Tanaman yang Bisa Hilangkan Radiasi Komputer dan HP

Jum'at, 25 Oktober 2024 - 12:32 WIB

2. Philodendron sp

Tanaman ini efektif menghisap racun Formaldehid yang terdapat pada lem dan eternit sebanyak 8,000 microgram per 24 jam. Sehingga, cocok diletakkan sebagai tanaman indoor.

3. Aglaonema sp

Keluarga Araceae ini banyak mengeluarkan uap air yang menjadikan ruangan lembap. Selain itu, tanaman ini juga mengeluarkan senyawa phytochemical yang mampu menekan populasi bakteri dan spora jamur merugikan 50 hingga 60 persen, yang ada di dalam ruangan.

Eksperimen telah menunjukkan bahwa amuba atau bakteri yang diletakkan di dekat sehelai daun segar akan musnah dalam hitungan menit saja. Fungsi lain adalah mengurangi rasa sakit, membantu konsentrasi, dan menghilangkan rasa lelah.

4. Sansevieria sp

Tanaman berair (sukulen) ini biasa disebut lidah mertua, yang sering digunakan untuk mengurangi bau dan juga radiasi alat-alat elektronik seperti komputer, telepon genggam, printer, dan lain-lain.

Penelitian yang dilakukan Badan Antariksa Amerika Serikat (NASA) telah menemukan bukti-bukti bahwa tanaman ini secara alami mampu menyerap lebih dari 107 unsur polutan berbahaya yang terdapat di udara sebab Sansevieria mengandung bahan aktif pregnane glikosid, yang berfungsi untuk mereduksi polutan menjadi asam organik, gula dan asam amino.

5. Anthurium sp

Tanaman berbunga merah ini juga tumbuh dengan baik bila didekatkan dengan barang barang beradiasi tinggi. Selain itu, efek yang dapat langsung dirasakan adalah ruangan menjadi lebih sejuk, walaupun suhu pada pendingin ruangan 25 derajat celcius.