Ilmuwan China Mengirim Pesan Kuantum yang 'Tidak Bisa Dilacak' ke Luar Angkasa

Selasa, 02 Februari 2021 - 10:29 WIB
Wolfgang Tittel pakar komunikasi kuantum dengan QuTech mengatakan, kunci kuantum aman dan tidak ada cara bagi peretas untuk mengetahui apa itu. Tetapi MDI-QKD memiliki tantangannya sendiri karena mengharuskan kedua foton tiba di relai pada waktu yang persis sama.

"Kami menemukan bahwa ini sulit karena perubahan suhu perangkat dapat mengacaukan pengaturan waktu," katanya. Dan itu menggunakan kabel serat optik khusus. Mengirim foton melalui udara membutuhkan perhitungan turbulensi atmosfer, yang membuat waktu semakin tidak dapat diprediksi.

Mendapatkan MDI-QKD ke luar angkasa akan membutuhkan lebih banyak pemecahan masalah, termasuk algoritma yang lebih baik yang dapat memperhitungkan jarak yang lebih jauh. (Baca juga: 74 Ekor Badak Jawa yang Tersisa Rayakan Hari Badak Sedunia)

Sebuah target bergerak mengubah perilaku foton dengan cara yang harus diperhitungkan dengan sangat tepat untuk memahami sinyalnya. Tittel mengatakan bahwa gerakan satelit membuat MDI-QKD "sangat sulit", tetapi masuk akal jika tim USTC mungkin melakukannya.
(ysw)
Halaman :
tulis komentar anda
Follow
Video Rekomendasi
Berita Terkait
Rekomendasi
Terpopuler
Berita Terkini More