Barang yang Kita Gunakan Sehari-hari Ternyata Hasil NASA ke Ruang Angkasa

Kamis, 25 Februari 2021 - 07:29 WIB
Ilmu di balik misi ruang angkasa NASA telah memberikan produk dan inovasi yang tak terhitung jumlahnya bagi dunia. Foto/NASA
HOUSTON - Selama beberapa dekade, program luar angkasa NASA telah menempatkan 12 orang di Bulan , mendaratkan penjelajah di Mars , dan mengirim banyak pesawat ruang angkasa ke luar tata surya kita.

Ilmu di balik ini dan proyek lainnya telah memberikan produk dan inovasi yang tak terhitung jumlahnya. Semuanya sangat bermanfaat bagi warga dunia —termasuk beberapa yang mungkin tidak Anda duga.

Melansir britannica.com, berikut adalah beberapa penemuan NASA yang mungkin Anda temui dalam kehidupan sehari-hari. Tetapi kita tak menyangka kalau produk tersebut hasil NASA menjelajahi ruang angkasa:

1. Kamera ponsel

Para penggemar ponsel cerdas dapat berterima kasih kepada Jet Propulsion Laboratory (JPL) NASA atas kemampuan kita untuk mengambil foto narsis dengan ponsel di tangan. Ponsel menggunakan sensor gambar semikonduktor oksida logam komplementer, yang dibuat oleh peneliti NASA lebih kecil dan lebih ringan serta mampu mengambil foto yang lebih jelas. Menariknya, konsep ponsel pertama kali dipertimbangkan di JPL pada 1960-an.



2. Busa Temper

Dikembangkan di Ames Research Center, busa temper, juga dikenal sebagai busa memori, telah ditemukan banyak kegunaan, termasuk bantal, kasur, peralatan keselamatan, kursi pesawat, dan banyak lagi. Produk itu muncul dari kebutuhan akan bantalan yang lebih baik untuk meningkatkan perlindungan dari kecelakaan.

3. Penyedot Debu Tanpa Kabel

Benar, Dustbuster Anda di rumah yang praktis berasal dari perjalanan luar angkasa. Selama program Apollo, Black & Decker ditugasi mengembangkan motor untuk bor portabel yang akan digunakan untuk mengekstrak sampel inti di Bulan. Teknologi yang dihasilkan kemudian menghasilkan penyedot debu nirkabel dan peralatan rumah kecil lainnya.
Halaman :
tulis komentar anda
Video Rekomendasi
Berita Terkait
Rekomendasi
Terpopuler
Berita Terkini More