Takut Keduluan Kapal Ruang Angkasa China, Perseverance Kirim Foto HD Mars

Jum'at, 26 Februari 2021 - 17:22 WIB


Sebagian dari gambar panorama Mars diambil oleh sistem kamera Mastcam-Z di atas pesawat ruang angkasa Perseverance NASA. Foto panorama penuh terdiri dari 142 gambar yang diambil pada 21 Februari 2021. Foto/NASA/JPL-Caltech/ASU/MSSS

Tim Perseverance baru saja memulai memeriksa lokasi pendaratan. Tapi foto-foto awal penjelajah menunjukkan lanskap yang terlihat mirip dengan yang dijelajahi oleh penjelajah Mars NASA lainnya.

"Kami berada tepat di sweet spot, di mana Anda dapat melihat fitur berbeda yang serupa dalam banyak hal dengan fitur yang ditemukan oleh Spirit, Opportunity, dan Curiosity di lokasi pendaratan mereka," kata peneliti utama Mastcam-Z, Jim Bell, dari Arizona State University's School of Eksplorasi Bumi dan Luar Angkasa.

Perseverance adalah inti dari misi Mars 2020 senilai USD2,7 miliar milik NASA. Sang penjelajah akan mencari tanda-tanda kehidupan Mars kuno di Jezero dan mengumpulkan lusinan sampel untuk kembali ke Bumi di masa mendatang. Penjelajah juga membawa beberapa demonstrasi teknologi, termasuk helikopter bernama Ingenuity yang akan mencoba menjadi helikopter pertama yang terbang di dunia di luar Bumi.

"Setelah menyelesaikan pemeriksaan kesehatan pasca-pendaratan Perseverance, tim penjelajah akan bersiap untuk penerbangan perintis Ingenuity, yang kemungkinan akan berlangsung dalam waktu dekat. Pekerjaan sains dan pengambilan sampel mungkin akan dimulai dengan sungguh-sungguh musim panas ini, jika semua berjalan sesuai rencana," kata anggota tim misi.
(iqb)
Halaman :
tulis komentar anda
Video Rekomendasi
Berita Terkait
Rekomendasi
Terpopuler
Berita Terkini More