Lebih Ganteng, Tampilan Baru Soyuz 2 Rusia Terinspirasi Roket Yuri Gagarin

Rabu, 17 Maret 2021 - 08:38 WIB
Sejak 2004, roket Soyuz 2 Rusia telah dicat abu-abu kehijauan dengan highlight oranye dan putih, seperti yang terlihat di sini dari Juli 2020. Foto/RSC Energia

"Warna biru cerah perusahaan melekat pada logo utama (Layanan Peluncuran GK), serta digunakan dalam identitas korporat Perusahaan Negara," kata Roscosmos dalam pernyataan yang diposting di situsnya. "Fairing yang menutupi pesawat ruang angkasa akan mempertahankan warna putih 'standar'. Jika tidak, warna oranye (cat) pada (badan roket) akan diganti dengan biru, dan abu-abu akan diganti dengan putih. Warna kompartemen transisi akan diganti. juga berubah - alih-alih abu-abu tradisional, itu juga akan (dicat) biru."

Space.com menyebutkan, peluncuran Soyuz-2a.1 pada 20 Maret akan terbang dari Situs 31/6 di Kosmodrom Baikonur Rusia di Kazakhstan, dekat Situs 1 tempat Gagarin lepas landas dengan Vostok 60 tahun lalu. Juga disebut sebagai "Gagarin's Start", Site 1 saat ini sedang mengalami peningkatan untuk mendukung roket kelas Soyuz 2.

Roket akan lepas landas dengan satelit observasi Bumi CAS500-1 untuk Institut Penelitian Dirgantara Korea (KARI), serta muatan yang lebih kecil untuk Rusia, Jepang, Arab Saudi, Uni Emirat Arab, Italia, Belanda, Jerman, Kanada, Inggris Raya, Thailand, Spanyol, Slovakia, Argentina, Israel, Brasil, Hongaria, dan Tunisia.

Livery yang terinspirasi Vostok diharapkan dapat digunakan untuk roket Soyuz 2 lainnya yang diterbangkan di bawah kontrak dengan Layanan Peluncuran GK tahun ini, menurut Roscosmos.
(iqb)
Halaman :
tulis komentar anda
Video Rekomendasi
Berita Terkait
Rekomendasi
Terpopuler
Berita Terkini More