Ilmuwan Temukan Fosil Ikan Purba Bertulang Kecil Tertua di China

Senin, 08 November 2021 - 07:15 WIB
Tim ahli paleontologi menemukan fosil tiga Ikan bertulang kecil di salah satu lokasi penggalian di Provinsi Yunnan, China. Foto/Ist/mymodernmet
YUNAN - Tim ahli paleontologi menemukan fosil tiga Ikan bertulang kecil di salah satu lokasi penggalian di Provinsi Yunnan, China. Ikan bertulang kecil ini adalah genus Peltoperleidus atau spesies ikan bertulang purba yang sebelumnya hanya ditemukan di Eropa.

Dikutip dari Paleontology and Evolutionary Science, penelitian tim menunjukkan bahwa ikan Peltoperleidus ini adalah tertua yang ditemukan di belahan bumi mana pun. Genus Peltoperleidus berenang di perairan prasejarah lebih dari 200 juta tahun yang lalu selama tahap Ladinia awal dari zaman Trias Tengah.

Dikutip dari laman mymodernmet, fosil sebelumnya hanya ditemukan di Swiss dan Italia. Oleh karena itu, penemuan fosil ikan ini di China telah membalikkan fakta yang para peneliti ketahui tentang evolusi genus. Apalagi fosil yang baru ditemukan dua juta tahun lebih tua dari yang ditemukan di Eropa.

Spesies baru Peltoperleidus memiliki panjang sekitar satu inci, dengan hidung tumpul, dan gigi tajam. Rahang bawah ikan memungkinkan untuk membuka mulut yang sangat lebar untuk menangkap mangsa kecil. (Baca juga; Lolos dari Asteroid Pemusnah Dinosaurus, Ikan Purba Ini Hidup di Sulawesi )

Genus memiliki pola sisik yang spesifik dan rumit. Ini terlihat dalam holotipe yang dibuat oleh penulis Guang-Hui Xu (di bawah). Meskipun ikan kecil ini mungkin tidak begitu monumental dalam sejarah seperti yang dikatakan fosil T-Rex, spesies ikan bertulang masih ada saat ini.

Mereka dikenal secara kolektif sebagai Osteichthyes. Bahkan fosil kecil seperti Peltoperleidus dapat menjelaskan evolusi banyak spesies modern. (Baca juga; Fosil Ikan Purba Berusia 66 Juta Tahun Ditemukan di Maroko )