4 Mitos yang Dipercaya Saat Gerhana Bulan, Cek Faktanya

Jum'at, 19 November 2021 - 21:34 WIB
Gerahana bulan menjadi fenomena alam unik yang memiliki mitos-mitos tertentu. Foto: AFP
JAKARTA - Gerhana bulan ternyata memiliki banyak mitos yang dipercaya oleh masyarakat tertentu. Apa saja?

Gerhana bulan adalah peristiwa langit di mana Bumi berada di antara Matahari dan Bulan. Selama gerhana, Bumi bergerak di antara Bulan dan Matahari dan menghalangi sinar matahari yang dipantulkan oleh permukaan Bulan.



Gerhana bulan terpanjang dalam 580 tahun terjadi hari ini, Jumat 19 November 2021. Ini akan menjadi peristiwa langit langka karena akan jadi salah satu yang terpanjang sejak tahun 1440, berlangsung selama enam jam dan akan terlihat di seluruh dunia.

Bulan akan muncul dalam warna merah darah, yang akan terjadi saat berkas sinar matahari melewati atmosfer bumi dan paling sedikit dibelokkan dan jatuh di bulan.



Di beberapa negara seperti India, ada mitos yang kerap terdengar saat gerhana bulan tiba. Apa saja? Berikut seperti dilansir dari laman Times of India.

1. Tidak Boleh Menonton Gerhana

Ada mitos menyebutkan tidak boleh menonton gerhana bulan dengan mata telanjang. Sebab khawatir akan berpengaruh terhadap mata. Akan tetapi menurut sains, gerhana bulan aman untuk disaksikan langsung dengan mata telanjang. Anda tidak perlu melakukan tindakan pencegahan khusus untuk menyaksikan gerhana bulan.

2. Dilarang Makan dan Minum Saat Gerhana Bulan
Halaman :
tulis komentar anda
Video Rekomendasi
Berita Terkait
Rekomendasi
Terpopuler
Berita Terkini More