10 Hewan Purba yang Masih Hidup Sampai Sekarang, Nomor 4 dan 7 Imut Banget

Sabtu, 27 November 2021 - 11:38 WIB
Buaya, apa pun jenisnya, aligator, caiman, dan sebangsanya, adalah salah satu hewan purba yang masih hidup sampai sekarang. Foto/worldatlas
MESKIPUN dinosaurus , bersama dengan banyak makhluk prasejarah lainnya, punah jutaan tahun yang lalu, ada beberapa makhluk purba sezaman dengan dinosaurus yang masih hidup sampai sekarang. Beberapa telah mengalami perubahan kecil, tetapi tidak sampai pada titik benar-benar berbeda dari bentuk awal.

Berikut 10 hewan purba yang masih hidup dikutip SINDOnews dari laman worldatlas;!

1. Ikan Pari Air Tawar Raksasa

Ikan pari air tawar raksasa dianggap sebagai salah satu ikan air tawar terbesar di dunia dan bisa tumbuh hingga 6,2 kaki (1,9 meter). Tidak hanya itu, beratnya juga bisa mencapai 1.300 pon (589,6 Kg), meski penampilannya tipis. Diyakini bahwa spesies ini berevolusi sekitar 100 juta tahun yang lalu, tetapi sekarang menghadapi kepunahan. (Baca juga; Peneliti Temukan Rahasia Panjang Umur dalam DNA Ikan Rockfish )

2. Nautilus

Menurut catatan fosil, makhluk yang diketahui menghuni terumbu karang di sekitar Samudera Hindia, telah hidup di Bumi selama sekitar 500 juta tahun. Spesies nautilus yang dianggap paling tua dikenal sebagai nautilus berkerak. Mereka dianggap punah selama hampir 30 tahun sampai muncul lagi pada tahun 2015. Spesies ini selamat dari beberapa kepunahan massal dan perubahan besar pada planet Bumi.

3. Platipus