6 Lokasi di Bumi yang Paling Mirip Mars, Nomor 3 Sering Dikunjungi Turis

Kamis, 30 Desember 2021 - 20:49 WIB
5. Deadvlei, Namibia



Terpisah dari sumber air, Deadvlei yang berarti "rawa mati" menggambarkan hutan pohon akasia yang dulu tumbuh subur, sekarang bak menjadi hantu yang kering terbakar matahari. Deadvlei di Namibia terputus dari sumber sungainya sekitar 900 tahun yang lalu, dan menunjukkan seberapa cepat tanah berubah.

Ini membantu para peneliti yang mempelajari Mars memahami bagaimana ekosistem di planet merah telah berubah dalam miliaran tahun. Meskipun bukan tempat penelitian khusus untuk perbandingan mempelajari Planet Mars, Deadvlei memberikan analogi untuk memahami iklim ketika air hilang. (Baca juga; Danau-danau Kering Bermunculan, Bukti Bumi Bocor Tak Terbantahkan )

6. Antartika



Meskipun kita membayangkan lingkungan di Mars panas, namun sebenarnya tidak. Sebaliknya, suhu di Mars sekitar 70 derajat Fahrenheit atau 20 derajat Celcius pada musim panas dan minus 100 derajat Fahrenheit atau minus 73 derajat Celcius di malam hari. Jadi keadaan lingkungannya lebih mirip dengan Antartika dibandingkan daerah lain.

Pada awal 2000-an, European Space Agency (ESA) sangat ingin menggunakan Antartika untuk berlatih misi Mars. Dua dekade kemudian, peneliti NASA mempelajari kehidupan di Antartika dengan menggunakan data yang sama dengan penelitian di Mars. (Baca juga; Panen Sayuran Melimpah di Rumah Kaca Antartika, Pertanda Baik untuk Kolonisasi Mars )
(wib)
Halaman :
tulis komentar anda
Video Rekomendasi
Berita Terkait
Rekomendasi
Terpopuler
Berita Terkini More