9 Penemuan Koin Paling Menakjubkan 2021, Nomor 4 Perak Arab Rampasan Bajak Laut

Jum'at, 31 Desember 2021 - 17:36 WIB
5. Koin Emas dari Black Death



Dua koin emas bengkok dan lecet yang ditemukan di Norfolk County, Inggris, dikeluarkan oleh Raja Edward III pada saat Black Death melanda negara itu. Koin-koin tersebut, yang ditemukan oleh seorang detektor logam, merupakan bagian dari upaya untuk memperkenalkan kembali koin emas ke Inggris setelah berabad-abad menggunakan perak. (Baca juga; Israel Bongkar Harta Karun 2 Bangkai Kapal Romawi, Temukan Permata Gembala yang Baik )

Salah satunya, yang dikenal sebagai "Macan Tutul", adalah 96% emas murni dan merupakan bagian dari serangkaian koin yang hanya diterbitkan antara Januari dan Juli 1344, membuatnya menjadi penemuan langka. Mata uang itu gagal karena terlalu mahal untuk diproduksi dan dinilai terlalu tinggi dibandingkan dengan perak. Kepingan emas itu setara dengan USD16.700 saat ini atau Rp237,5 miliar.

6. Koin Emas Persembahan Romawi di Tepi Sungai Belanda



Lebih dari 100 koin era Romawi yang ditemukan di tepi sungai di Belanda kemungkinan besar merupakan persembahan untuk saat mengarungi perjalanan. Pemburu harta karun amatir menemukan 107 koin, banyak dihias dengan simbol militer, di tepi Sungai Aa dekat Kota Berlicum.

Koin-koin itu tersebar di area yang luas dan dicetak selama 200 tahun, menunjukkan bahwa koin-koin itu dijatuhkan satu per satu bukan ditimbun. Ada juga berdenominasi kecil, kebanyakan perunggu dan hanya beberapa keping perak.

Koin-koin itu kemungkinan dijatuhkan sebagai isyarat keberuntungan oleh para pelancong, dengan harapan bisa menyeberangi sungai dengan selamat. (Baca juga; 5.500 Koin Perak Zaman Romawi Berusia 1.800 Tahun Ditemukan Tertimbun di Jerman )

7. Koin Emas yang Ditemukan Penyelam
Halaman :
tulis komentar anda
Video Rekomendasi
Berita Terkait
Rekomendasi
Terpopuler
Berita Terkini More