Gempa Banten M6,7 Disebut Bisa Picu Pelepasan Energi Megatrust Selatan Jawa yang Berpotensi Tsunami 20 Meter

Sabtu, 15 Januari 2022 - 21:10 WIB
Berdasarkan hasil simulasi model, run up tsunami dapat mencapai sebagian besar Pluit, Ancol, Gunung Sahari, Kota Tua hingga Gajah Mada. "Kalau Kita perhatikan modelnya ternyata nyaris menyentuh Istana," tegas dia.

Dengan simulasi model ini, maka akan menyadarkan bahwa tanggul pantai atau laut di Jakarta akan berperan sangat penting. Tidak hanya mencegah banjir rob, tetapi juga memproteksi Jakarta dari tsunami. "Untuk itu Kita harus mendukung pemerintah dalam mempercepat upaya pembangunan tanggul sepanjang pesisir Jakarta," katanya.

Menurut dia, fakta ini mau tidak mau harus diungkap, meskipun terkesan menakut-nakuti. Heri Andreas, yang juga Ketua Lembaga Riset Kebencanaan IA-ITB mengajak masyarakat menyikapi dengan bijak dan waspada. Gempa bumi dan tsunami merupakan bencana alam yang hampir tidak mungkin dicegah kecuali dengan Doa.

"Apa yang bisa Kita perbuat adalah bagaimana Kita bersiap menghadapinya. Seperti di Jakarta, tanggul pantai atau laut adalah salah satu bentuk kesiapsiagaan Kita menghadapinya. Untuk itu sekali lagi Kita harus mendukung pemerintah dalam mempercepat proses pembangunan tanggul di pesisir Jakarta, takutnya tsunami nya keburu datang, Karena saat ini tengah di ujung perulangan," pungkasnya.
(wbs)
Halaman :
tulis komentar anda
Video Rekomendasi
Berita Terkait
Rekomendasi
Terpopuler
Berita Terkini More